• Senin, 29 November 2021

Mengenal Aliran Atheis, Agnostik, Theis dan Deis yang Belum Banyak Diketahui Dalam Kehidupan Beragama

- Sabtu, 4 September 2021 | 19:42 WIB
Ilustrasi kembang untuk ritual berdoa. (Pexels/Artem Beliakum)
Ilustrasi kembang untuk ritual berdoa. (Pexels/Artem Beliakum)

NEWSmedia – Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama dengan berbagai aliran kepercayaan. Jarang kita menemui orang yang tidak memiliki agama atau tidak mempercayai adanya Tuhan.

Mendengar seseorang yang mengakui bahwa dirinya tak mempercayai adanya Tuhan masih dianggap tabu di Indonesia, dan tak jarang juga orang yang berkeyakinan demikian mendapatkan diskriminasi.

Sebagian besar orang menyimpulkan seseorang yang tidak memiliki agama merupakan ‘Atheis’. Namun perlu diketahui juga bahwa selain Atheis, ada juga istilah lainnya yang berkaitan dengan aliran kepercayaan, seperti Theis, Deis, dan Agnostic.

Baca Juga: Mencari Lord Adi Hingga ke Tanah Datar, Sandiaga Uno: Kapan Nih Kita Bisa Ketemu?

Lalu sebenarnya apa itu Atheis Theis, Deis, dan Agnostik? Apakah istilah-istilah itu memilki arti yang sama atau berbeda, berikut penjelasan yang dirangkum NEWSmedia dari beberapa sumber:

Atheis

Atheis berarti seseorang yang tidak mempercayai adanya Tuhan, makhluk illahi, atau Dewa. Kata ini berasal dari bahasa Yunani ‘atheos’, yang diuraikan berarti ‘a’ (tanpa) dan ‘theos’ (Dewa).

Atheisme merupakan keyakinan atau doktrin tentang tidak adanya eksistensi akan Tuhan.

Agnostik

Berbeda dengan Atheis, orang yang mengaku dirinya Agnostik bisa mempercayai bahwa Tuhan ada dan bisa tidak, tergantung pada keyakinan yang dianut.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X