• Rabu, 1 Desember 2021

Jika Rem Sepeda Blong, Coba Atasi dengan Tiga Langkah Sedehana

- Sabtu, 4 September 2021 | 21:15 WIB
Gambar kondisi sepeda korban yang beredar di WA Grup Komunitas Sepeda (istimewa)
Gambar kondisi sepeda korban yang beredar di WA Grup Komunitas Sepeda (istimewa)

NEWSmedia - Kabar duka  tentang Elisa Johan yang lost handling atau mengalami Rem blong di turunan tajam dari KM 0, Sentul, Bogor, masih hangat dibicarakan. Informasi tragis yang awalnya beredar di whatsapp group komunitas sepeda, kini kian meluas.

Sejumlah ungkapan belasungkawa menghiasi pemberitaan media, tentang meninggalnya pesepeda cantik akibat rem blong tersebut. Semoga tak ada lagi peristiwa mengenaskan, hingga merenggut nyawa tersebut.

NEWSmedia mencoba berbagi tips merawat rem sepeda. Pasalnya rem menjadi komponen yang sangat vital bagi pesepeda. Terlebih saat ini, sepeda menjadi trend dan komunitasnya kian banyak.  

Tips dan Trik langkah sederhana untuk memperbaiki dan merawat komponen Rem sepeda ini dikutip dari  https://www.elementmtb.com.

Langkah pertama, periksa kampas rem sepeda anda. Baik anda yang menggunakan tipe konvesional (V-brake) atau menggunakan tipe Disc brake (cakram).

Untuk V-brake cek kampas rem baik depan dan belakang, pastikan ketebalan masih mencukupi. Dalam arti masih bisa menempel pada pelek (rims) sepeda anda jika tuas rem di tarik.

Untuk Disc Brake (cakram) pastikan kampas rem anda baik depan ataupun belakang masih tebal dan masih bisa menempel pada cakram (disc) jika tuas rem (brake lavers) ditarik.

Baik V-Brake atau Disc Brake pastikan kampas rem dapat bergerak secara bersama pada saat di lakukan pengereman.

Langkah kedua, jika mempunyai buku panduan cara melakukan perawatan brakes (rem) sepeda anda, buku panduan tersebut dapat di jadikan acuan untuk perawatan.  Jika tidak, gak usah khawatir  karena pada perinsipnya rem dengan V-brake dan Disc brake tidak terlalu berbeda jauh.

Untuk V-brake jika kampas rem masih tebal dan layak tapi rem tidak berfunsi dengan baik, hal tersebut bisa terjadi karena setingan knob pada tuas rem baik depan dan belakang yang terpasang di stang kemudi tidak diatur dengan benar.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X