• Kamis, 28 Oktober 2021

8 Kesalahan Mahasiswa Baru Saat Awal Masuk Kuliah, Kalian Harus Tahu Biar Pinter

- Minggu, 5 September 2021 | 10:45 WIB
Kegiatan PPKMB Mahasiswa Baru Polimarin (dok)
Kegiatan PPKMB Mahasiswa Baru Polimarin (dok)
 
 
NEWSmedia – Masa peralihan dari SMA ke dunia perkuliahan sangat berbeda, banyak hal yang berubah  dari budaya atau kebiasaan hingga cara berpikir.
 
Ada beberapa kesalahan yang sering di lakukan mungkin karena berada di euforia dimasa tahun ajaran baru.  Untuk mencegah hal tersebut perlu di ketahui kesalahan apa saja yang sering di lakukan oleh mahasiswa baru di tahun pertama.
 
Dilansir dari instagram @bangdeniuss yang sering membahas perihal dunia perkuliahan ini dia kesalahan mahasiswa di tahun pertama kuliah.
 
 
1. Malas kenalan dengan teman seangkatan.  Ini yang penting, terkadang kita jaim atau malu untuk berkenalan dengan kawan baru di kampus padahal jika kita berteman dengan sesama angkatan justru akan mempermudah komunikasi baik soal akademis maupun informasi penting lainnya. Jangan sampai menutup diri. minimal punya 2 temanlah.
 
2. Sistem kebut semalam. penyakit pemuda sekarang adalah Distraksi. Penyakit ini bisa muncul dari mana saja, utamanya karena adanya gadget. Padahal bikin tugas, rencana. aktivitas, dll. jadi keganggu & alternatif terakhir yaitu ngebut. Sehingga ada inkonsistensi dengan rencana yang telah disusun sebelumnya.
 
3. Malas mencatat. Sekarang makin mudah mencatat gak harus pake pulpen lagi, semua bisa dicatat digadget, menyimpan dalam bentuk vn/audio, captured tiap materi penting sangat penting untuk dilaukan agar semua materi tidak hilang.
 
 
4. Malas bertanya ke dosen. Ini bukan caper, ini tujuannya supaya di notice sama dosen. minimal dosen merasakan kehadiranmulah. Ingat! jangan over/caper!.
 
5. Ambil Mata kuliah pilihan karena teman. Biar bisa bareng sama teman/doi, kalian rela ambil kelas pilihan yang tidak diminati. Ingat. yang menjalani semuanya bukan temanmu. tapi kalau merasa sanggup bisa dilakukan.
 
6. Semester depan pasti lebih baik!. Yakinlah. tiap semester prinsip ini bakal diulang terus. 'semester depan akan lebih'. Padahal tidak ada jaminan jika semester yang akan diihadapi jadi lebih baik jika masih mempunyai kebiasaan buruk.
 
 
7. Cuman fokus akademik. Padahal kuliah tuh harus balance antara akademik & non-akademik, jangan sampai berat sebelah ya. Terlalu fokus non akademik & menyampingkan urusan akademik juga gak baik. Karena apa yang kalian dapat diluar kelas belum tentu diperoleh didalam kelas dan sebaliknya.
 
8. Stop compare your progres. Semua orang mempunyai jalan dan cara nya masing masing dalam mendefinisikan sukses dan pencapaiannya. Sehingga jangan berfikir semua menjadi mudah lantaran mengikuti apa yang sudah dilakukan oleh orang lain.***
 
 
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Terkini

X