• Kamis, 21 Oktober 2021

Pantai Anyer Sudah Boleh Dibuka, Ini 'Warning' Polda Banten untuk Wisatawan Supaya Tidak Disuruh Pulang Lagi

- Minggu, 5 September 2021 | 10:30 WIB
Tempat wisata Pantai Anyer, di Kabupaten Serang, Provinsi Banten.
Tempat wisata Pantai Anyer, di Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

NEWSmedia - Sejumlah tempat wisata di daerah yang menerapkan PPKM Level 2 mulai beroperasi kembali. Salah satunya adalah tempat wisata di Anyer, yang berada di wilayah Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Anyer merupakan destinasi wisata pantai yang berada di bagian barat Pulau Jawa. Setiap akhir pekan, kawasan wisata Pantai Anyer selalu menjadi destinasi yang dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berdasarkan data Pemerintah Kabupaten Serang mengungkapkan, jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke wilayah Kawasan Wisata Pantai Anyer-Cinangka pada tahun 2019 (sebelum Pandemi Covid 19) mencapai 8 juta wisatawan. Padahal targetnya hanya 6 juta.

Baca Juga: Rem Blong, Nyawa Pesepeda Cantik Melayang  di Turunan Tajam

Akan tetapi untuk kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun tersebut yakni kurang dari 2.000 orang, jauh dari yang ditargetkan yaitu 2.500 wisatawan.

Diketahui, Pantai Anyer berada dalam satu garis dengan Pantai Cinangka yang masih berada di daerah Kabupaten Serang, dan Pantai Carita yang masuk ke wilayah Kabupaten Pandeglang.

Sejak PPKM Mikro yang dimulai 1 Juni 2021 kemudian berlanjut ke PPKM Darurat pada akhir Juni 2021 hingga PPKM Level 4 sampai akhir Agustus 2021, kawasan wisata Pantai Anyer dan Cinangka hingga Pantai Carita ditutup.

Setelah PPKM Kabupaten Serang turun Level 2 pada awal September 2021 ini, Pantai Anyer sudah boleh dibuka lagi, tetapi dengan beberapa syarat.

Baca Juga: Indonesia Torehkan Sejarah di Paralimpiade Tokyo 2020, Ratri Oktila dan Khalimatus Sadiyah Sumbang Medali Emas

Syarat yang harus diterapkan yaitu meliputi kapasitas pengunjung maksimal 25%, dengan penerapan protokol kesehatan ketat (penggunaan masker, jaga jarak dan lainnya).

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X