• Kamis, 2 Desember 2021

10 Makanan yang Bisa Membantu Mempercepat Pemulihan dari Penyakit atau Operasi

- Senin, 6 September 2021 | 10:30 WIB
Sayuran segar.*
Sayuran segar.*
NEWSmedia - Bagi kamu yang sedang melakukan pemulihan dari penyakit atau mungkin pasca operasi, makanan yang anda makan tentu harus teratur dan terukur. Dikutip dari laman Healthline oleh NEWSmedia, beberapa makanan dan minuman bisa saja menghambat pemulihan anda dari penyakit atau masa pemulihan operasi. Oleh karena itu penting untuk anda menjaga dan mengatur makanan yang anda konsumsi setelahnya. 
 
Berikut adalah beberapa makanan yang aman di konsumsi untuk membantu pemulihan penyakit anda atau pemulihan pasca operasi.
 
Sayuran Hijau
Sayuran hijau seperti sawi, kangkung, bayam, lobak swiss atau arugala menjadi pilihan untuk kamu saat ingin melakukan pemulihan. Penelitian menunjukan sayuran-sayuran tersebut mengandung Vitamin C, mangan, magnesium, folat dan provitamin A yang membantu mengurangi peradangan dan menekan produksi protein inflamasi seperti TNF-alpha.
 
 
 
Salmon 
Kandungan protein, vitamin B, selenium, zat besi, seng dan omega-3 dapat mempercepat penyembuhan luka serta meningkatkan respon kekebalan tubuh. selain itu, salmon juga mengandung sekitar 70% selenium yang dapat membantu mengatur peradangan.
 
Telur 
Menurut penelitian dari American Society for Enhanced Recovery pasca operasi tubuh anda akan membutuhkan lebih banyak protein yang signifikan. Sekitar 0,7-0,9 gram protein per pon atau setara dengan 1,5-2 gram per kilogram berat badan sangat direkomendasikan untuk pemulihan pasca oeprasi, kandungan protein lengkap pada telur bisa menjadi solusi anda.
 
 
Buah Berry
Buah berry mengandung banyak vitamin C yang membantu penyembuhan luka dan merangsang prosukdi kolagen dalam tubuh. selain itu, antioksidan dalam buah berry seperti anthocyanin memebrikan efek anti-imflamasi, antivirus dan tentu mendukung kekebalan tubuh.
 
Biji-bijian dan Kacang-kacangan
Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung banyak kandungan nutrisi yang membantu produksi sel pelindung dalam tubuh diantaranya vitamin E, mangan dan magnesium. Almond, walnut, biji bunga matahari dan biji rami kaya akan nutri-nutrisi tersebut. 
 
 
Daging unggas
Unggas, seperti ayam atau kalkun mengandung glutamin dan arginin serta asam amino yang dapat membantu pemulihan dan penyembuhan penyakit. Glutamin memberikan perlindungan pada saat masa cedera atau sakit. Sedangkan arginin membantu meningkatkan produksi kolagen.
 
 
Buah-buahan
Buah-buahan seperti jeruk dan buah naga dapat membantu anda melakukan pemulihan pasca sakit atau operasi. Kandungan vitamin C dalam buah serta antioksidan dapat mencegah kerusakan sel
 
Sayuran silangan
Sayuran seperti kembang kol, brokoli  dan kubis adalah pilihan yang tepat untuk pemulihan tubuh anda. Kandungan vitamin , mineral dan antioksidan dalam sayur-sayuran tersebut dapat menekan peradangan dan membantu pemulihan.
 
Kerang 
Kandungan mineral dan seng dalam kerang seperti tiram, remis atau kerang sarat sangat baik untuk meningkatkan fungsi kekebalan pasca operasi. Kamu tentu bisa mengkonsumsinya setelah membicarakannya dengan doktermu. 
 
 
Ubi jalar
Makanan kaya karbohidrat, vitamin, mineral, karotenoid dan mangan ini dapat mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh dan kekuatan organ tubuh anda yang mungkin melemah pasca operasi.
 
Itulah beberapa makanan yang aman di konsumsi untuk anda setelah operasi atau pemulihan penyakit menurut para ahli dengan tetap mendengarkan arahan dokter ***
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Terkini

X