• Senin, 25 Oktober 2021

BI Jelaskan Keuntungan Kerjasama Indonesia China yang Pakai Rupiah dan Yuan sebagai Transaksi Internasional

- Senin, 6 September 2021 | 17:49 WIB
Ruang Rupiah dan Yuan. (Ilustrasi foto NEWSmedia)
Ruang Rupiah dan Yuan. (Ilustrasi foto NEWSmedia)

NEWSmedia - Pemerintah Indonesia memiliki alasan terkait kesepakatan dengan China untuk menggunakan mata uang Rupiah dan Yuan untuk transaksi internasional. Sejauh ini, pasar valuta asing domestik ketergantungan pada mata uang Dolar AS.

Mulai Senin, 6 September, Indonesia dengan China mulai mengimplementasikan kesepakatan untuk menggunakan Rupiah dan Yuan untuk transaksi internasional.

Dengan begitu, kini transaksi internasional antara Indonesia dan China tidak lagi bergantung pada Dolar AS, melainkan sudah menggunakan mata uang Rupiah dan Yuan.

Baca Juga: Indonesia China Sepakat Pakai Rupiah dan Yuan untuk Transaksi Internasional, Dolar AS Minggir!

Bagi Indonesia dan China, kerjasama transaksi bilateral menggunakan mata uang lokal kedua negara atau disebut dengan istilah Local Currency Settlement (LCS) itu, dianggap menguntungkan bagi perekonomian masing-masing negara.

“Penggunaan LCS memberikan banyak manfaat langsung kepada pelaku usaha,” tulis Bank Indonesia dalam siaran pers Departemen Komunikasi Bank Indonesia No. No.23/227/DKom yang dirilis melalui laman resmi bi.go.id, Senin, 6 September 2021.

Dijelaskan beberapa keuntungan atau manfaat yang akan dirasakan oleh pelaku usaha jika transaksi antara Indonesia dan China menggunakan mata uang lokal kedua negara tersebut.

Baca Juga:  7 Pose Pesepeda Super Cantik Ini Dijamin Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

Pertama, biaya konversi transaksi dalam valuta asing yang lebih efisien. Kedua tersedianya alternatif pembiayaan perdagangan dan investasi langsung dalam mata uang lokal.

Ketiga tersedianya alternatif instrumen lindung nilai dalam mata uang lokal, dan keempat diversifikasi eksposur mata uang yang digunakan dalam penyelesaian transaksi luar negeri.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X