• Rabu, 1 Desember 2021

PPKM September Diperpanjang 7 Hari Lagi, ada Aturan yang Harus Dipatuhi Pengelola dan Pengunjung Restoran

- Senin, 6 September 2021 | 21:41 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 6 September 2021)
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 6 September 2021)

NEWSmedia - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kembali diperpanjang hingga 13 September 2021. Kebijakan itu diputuskan pemerintah meskipun saat ini sudah banyak daerah yang peta sebaran Covid 19 berkurang dan turun level.

Selama sepekan, situasi perkembangan Covid 19 di Jawa Bali terus mengalami perkembangan yang cukup baik. Hal ini ditandai semakin sedikitnya kota dan kabupaten yang berada di level 4.

Data laporan hingga 5 September 2021, terdapat 11 daerah kabupaten dan kota di Jawa Bali yang berada di level 4. Pada pekan sebelumnya berjumlah 25 daerah.

Baca Juga: BI Jelaskan Keuntungan Kerjasama Indonesia China yang Pakai Rupiah dan Yuan sebagai Transaksi Internasional

Salah satunya Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY) yang sebelumnya berada di level 4, saat ini sudah berhasil turun ke level 3. Sementara Provinsi Bali membutuhkan waktu satu minggu lagi untuk turun level dari level 4 ke level 3.

Untuk daerah yang masuk ke level 2 saat ini sudah mulai bertambah, yang sebelumnya berjumlah 27 menjadi 34 daerah kabupaten dan kota. Artinya, perkembangan Covid 19 pada awal September 2021 mengalami perbaikan.

Namun, pemerintah memutuskan untuk kembali memperpanjang kebijakan PPKM sampai 7 hari ke depan, dengan harapan penyebaran Covid 19 bisa ditekan dan banyak daerah yang turun level.

Baca Juga: Indonesia China Sepakat Pakai Rupiah dan Yuan untuk Transaksi Internasional, Dolar AS Minggir!

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat untuk terus melakukan penyesuaian sampai 13 September mendatang.

Ada beberapa penyesuaian yang bisa dilakukan dalam periode 7 sampai 13 September 2021. Pertama adalah penyesuaian waktu makan di tempat pada restoran atau rumah makan menjadi 60 menit dengan kapasitas 50%.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X