• Rabu, 19 Januari 2022

9 Gejala Kanker Payudara yang Harus di Waspadai, Kamu Harus Tahu Sebelum Terlambat

- Selasa, 7 September 2021 | 09:50 WIB
Ilustrasi kanker payudara
Ilustrasi kanker payudara
NEWSmediaKanker payudara merupakan salah satu penyakit yang berbahaya khususnya bagi kaum perempuan. Pasalnya kanker payudara adalah gangguan yang terjadi akibat adanya sel yang tumbuh tidak terkontrol sehingga mengambil alih fungsi serta jaringan payudara yang sehat.
 
Pada umumnya, gejala kanker payudara ditandai dengan adanya benjolan pada payudara. Dikutip dari laman The Healty, berdasarkan penelitian para ahli, ternyata masih banyak gejala potensial sebagai tanda kanker payudara diantaranya sebagai berikut:
 
Retraksi Kulit Payudara
Menurut Direktur Medis Onkologi Bedah Payudara Di Pusat Perawatan Kanker Amerika di Atlanta, Anita Johnson mengatakan bahwa retraksi atau lekukan kulit menyerupai lesung pipi pada payudara merupakan salah satu gejala berbahaya bagi payudara. 
 
 
 
Iritasi kulit pada payudara
Iritasi mungkin bisa terjadi akibat bra yang ketat, panas atau masalah kulit lainnya. Namun, Jessica Shepherd yang merupakan Ginekolog di Baylor Scott & White Women’s Health Group di Dallas mengatakan bahwa adanya ruam, iritasi atau bengkak pada payudara dalam waktu yang lama mungkin adalah salah satu gejala kanker payudara
 
Keputihan yang tidak biasa
Saat seorang wanita menyusui atau hamil, keputihan mungkin menjadi hal yang biasa. Namun, menurut dokter Shepherd bagi kamu yang tidak hamil atau menyusui, jenis keputihan yang tidak biasa seperti berwarna kehijauan atau kuning bisa jadi kemungkinan kanker payudara.
 
Adanya bintik-bintik
Menurut para ahli, selain masalah kulit, bintik atau tanda gelap pada kulit payudara bisa menjadi tanda bentuk kanker payudara yang cukup langka atau disebut dengan Kanker payudara inflamasi.
 
 
Memar atau bercak merah
Salah satu tanda kanker payudara berikutnya adalah tanda memar atau adanya bercak merah yang  lama terjadi dua sampai 3 minggu pada payudara, terkait hal ini, para ahli menyarankan untuk memeriksanya ke dokter
 
Perubahan bentuk putting
Perubahan puting biasanya terjadi pada saat wanita hamil. Namun, menurut Dr. Shepherd sebagai ahli perawatan kanker mengatakan bahwa jika terjadi perubahan pada puting wanita yang tidak hamil, ia menyarankan untuk melakukan skrinning kanker payudara.
 
Tekstur kulit yang berubah
Menurut para ahli, perubahan tekstur payudara pada wanita seperti kemerahan dan berlubang mirip kulit jeruk, mungkin terjadi akibat sel kanker yang meradang dan menghalangi saluran getah bening.
 
 
Bengkak dan nyeri pada payudara
Nyeri pada payudara umumnya terjadi saat wanita mengalami menstruasi. Namun, jika nyeri atau bengkak pada payudara terjadi sangat lama dan amat menyakitkan, bisa jadi salah satu tanda kanker payudara.
 
Perubahan ukuran payudara
Ukuran payudara bisa dipengaruhi oleh bertambahnya berat badan atau siklus menstruasi. Tetapi jika payudara kamu berubah bentuk secara signifikan tanpa penyebab-penyebab tersebut, mungkin adalah tanda kanker payudara.
 
Itulah 9 gejala kanker payudara menurut para ahli. Jika kamu mengalami salah satunya, akan sangat baik untuk tidak panik dan tetap membicarakannya bersama doktermu. Semoga bermanfaat ***
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X