• Selasa, 30 November 2021

Mengenal Herd Immunity, Apa Sih dan Hubungannya apa Dengan Vaksin

- Selasa, 7 September 2021 | 10:20 WIB
Jenis vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia (Pixabay/ WiR_Pix)
Jenis vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia (Pixabay/ WiR_Pix)

 

NEWSmedia - Saat ini kita memang diwajibkan untuk melakukan vaksin sebagai syarat meakukan perjalanan, bepergian keluar kota maupun pergi ke mal. Nah jika dalam satu wilayah sudah melakukan vaksin sehingga wilayah tersebut terbebas dari pandemi atau mengalami kekebalan dari penyakit itulah yang disebut Herd immunity.

Misalnya, jika 80% populasi kebal terhadap suatu virus, empat dari setiap lima orang yang bertemu seseorang dengan penyakit tersebut tidak akan sakit dan tidak akan menyebarkan virus tersebut lebih jauh. Dengan cara ini, penyebaran penyakit tersebut dapat dikendalikan. Bergantung pada seberapa menular suatu infeksi, biasanya 70% hingga 90% populasi membutuhkan kekebalan untuk mencapai kekebalan kelompok.

Bagaimana herd immunity tercapai, berikut dua cara untuk mendapatkan kekebalan kelompok di masyarakat:

Infeksi alami

Herd immunity dapat dicapai ketika cukup banyak orang dalam populasi telah pulih dari penyakit dan telah mengembangkan antibodi pelindung terhadap infeksi di masa depan.

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Kota Serang Selasa 7 September 2021, Berikut Lokasi, Syarat dan Biayanya

Namun, ada beberapa masalah utama jika dalam satu kelompok hanya mengandalkan infeksi komunitas untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) terhadap virus yang menyebabkan Covid 19 yaitu :

  • Infeksi Ulang. Tidak jelas berapa lama Anda terlindungi dari sakit setelah sembuh dari Covid 19. Bahkan jika Anda memiliki antibodi, Anda masih bisa terkena virus Covid 19.
  • Dampak Kesehatan. Para ahli memperkirakan bahwa di AS, 70 % dari populasi lebih dari 200 juta orang harus pulih dari covid 19 untuk menghentikan pandemi. Jumlah infeksi ini dapat menyebabkan komplikasi serius dan jutaan kematian, terutama di antara orang tua dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, sistem perawataan kesehatan dapat dengan cepat kewalahan.

Baca Juga: Artis Rezky Aditya Dilaporkan ke Polisi, Kasusnya Dugaan Penelantaran Anak dari Hasil Hubungan Gelap

Vaksin

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X