• Selasa, 30 November 2021

Jangan Berlebihan! Mengonsumsi Telur Gulung Terlalu Banyak Bisa Berakibat Buruk pada Ginjal

- Selasa, 7 September 2021 | 14:12 WIB
Ilustrasi gambar telur diambil dari pixabay (pixabay)
Ilustrasi gambar telur diambil dari pixabay (pixabay)

NEWSmedia – Siapa yang tak kenal dengan telur gulung? Ya, jajanan satu ini memang sudah menjadi ciri khas street food di Indonesia. Sejak dulu telur gulung tak pernah sepi peminat, rasanya yang gurih dan harganya yang murah membuatnya banyak diburu oleh masyarakat dari berbagai usia.

Bahkan baru-baru ini, telur gulung kembali menjadi viral di sosial media. Hal itu berawal dari beberapa konten kreator yang melakukan mukbang atau makan yang disiarkan dengan menu telur gulung dengan porsi raksasa.

Namun tahu kah kamu? Ternyata mengonsumsi telur gulung secara berlebihan bisa berakibat buruk pada ginjal. Mengapa demikian? Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca Juga: 6 Manfaat Oncom yang Perlu Kamu Ketahui, Salah Satunya untuk Kekebalan Tubuh Sisanya Bikin Kamu Kaget

Telur merupakan sumber daya protein hewani yang sangat baik untuk tubuh. Dibanding sumber protein hewani lainnya seperti daging dan ikan, harga telur jauh lebih murah.

Sebagaimana yang dilansir Newsmedia dari ABP Live, mengonsumsi dua telur ayam dalam sehari mampu meningkatkan jumlah sel darah merah dan mengurangi berat badan. Telur memiliki nutrisi penting untuk diserap tubuh, mkanya disarankan dikonsumi setiap hari.

Baca Juga: Kasus Covid Indonesia di Awal September 2021 Terus Turun, Tapi Jangan Senang Dulu!

Meski demikian, telur juga bisa berbahaya jika tidak dimasak dengan benar. Dalam telur terdapat bakteri salmonella, bakteri ini berasal dari ayam.

Salmonella merupakan genus bakteri enterobakteria gram negative yang berbentuk tongkat dan mampu menyebabkan keracunan makanan, demam tifoid, dan demam paratipus. 

Baca Juga: Ramai di Medsos Petisi Tolak Kartu Vaksin Sebagai Syarat Administrasi Masuk Mal dan Perjalanan

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X