• Senin, 18 Oktober 2021

8 Cara Mudah Menghilangkan Nyeri Haid, yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri di Rumah

- Selasa, 7 September 2021 | 19:33 WIB
Ilustrasi nyeri haid
Ilustrasi nyeri haid

NEWSmedia - Bagi kaum perempuan menstruasi atau haid adalah tamu bulanan yang menjadi kodrat dari kaum wanita. Tetapi terkadang saat menatruasi datang sakitnya membuat kaum wanita tersiksa, berbagai obat nyeri memang mudah diperoleh di apotik atau toko obat. 

Nyeri yang muncul ketika datang bulan atau menstruasi adalah hal normal. Kram atau nyeri menstruasi dikenal dengan istilah dysmenorrhea yang terasa di perut bagian bawah.

Untuk mengurangi kram menstruasi kamu bisa melakukan perawatan di rumah, ada 8 cara agar sakit menstruasi bisa berkurang:

Baca Juga: Lagu Pertama Iwan Fals Diciptakan Saat Masih SMP, Isinya Sudah Mengkritik

  • Minum Lebih Banyak Air

Kembung dapat menyebabkan katidak nyamanan dan memperburuk kram menstruasi. Minum air putih dapat mengurangi kembung selama menstruasi dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan. Minum air hangat dapat juga meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan mengendurkan otot-otot. Hal ini dapat mengurangi kram yang disebabkan oleh kontraksi rahim.

Baca Juga: Spoiler Manga One Piece Chapter 1025: Perang Epic Antara Generasi Baru Vs Sang Monster Era Lama

  • Minum Teh Herbal

Teh herbal memiliki sifat anti-inflamsi dan senyawa antispasmodik yang dapat mengurangi kejang otot di rahim yang menyebabkan kram. Minum teh herbal adalah cara alami yang mudah untuk meredakan kram menstruasi. Selain itu teh herbal memiliki manfaat lain seperti menghilangkan stres dan membantu mengatasi insomnia.

  • Makan Makanan Anti Inflamasi

Makanan anti-inflamasi dapat membantu meningkatkan aliran darah dan merilekskan rahim. Cobalah buah beri, tomat, nanas, dan rempah rempah seperti kunyit, jahe, atau bawang putih. Sayuran berdaun hijau, almond, walnut, dan ikan berlemak seperti salmon, juga dapat membantu mengurangi peradangan.

Baca Juga: Koes Hendratmo Meninggal Dunia, Legenda Dengan Sejuta Kenangan Bagi Pemirsa Acara Kuis ‘Berpacu dalam Melodi’

  • Kurangi Makanan Suguhan 

Brownies atau kentang goreng terdengar lezat, makanan tinggi gula, lemak, dan garam dapat menyebabkan kembung dan peradangan yang membuat nyeri otot dan kram semakin parah. Makan pisang atau buah lain untuk melawan keinginan memakan makanan manis, atau pilih kacang jika kamu mengingkan sesuatu yang gurih.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X