• Selasa, 7 Desember 2021

Presiden Jokowi: Virus Corona Varian Mu Betul-Betul agar Kita Lebih Waspada

- Selasa, 7 September 2021 | 19:52 WIB
Presiden Joko Widodo saat Rapat Terbatas Evaluasi PPKM, Senin, 6 September 2021. (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo saat Rapat Terbatas Evaluasi PPKM, Senin, 6 September 2021. (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

NEWSmedia – Dalam Rapat Terbatas Evaluasi PPKM Senin, 6 September 2021, Presiden Joko Widodo memberikan warning terkait adanya Covid baru varian Mu yang harus diwaspadai.

“Saya juga ingin perhatian kita semua yang berkaitan dengan perhubungan, yang berkaitan dengan varian baru, varian Mu, betul-betul agar kita lebih waspada, jangan sampai merusak capaian yang kita lakukan,” kata Jokowi.

Meski PPKM September 2021 diperpanjang hingga 13 September, namun hasil evaluasi kebijakan PPKM periode sebelumnya telah terjadi perbaikan dan perubahan signifikan.

Baca Juga: Kasus Covid Indonesia di Awal September 2021 Terus Turun, Tapi Jangan Senang Dulu!

Perkembangan Kasus Covid Indonesia selama 3 hari terakhir sebelum PPKM 6 September diperpanjang, kasus harian Covid 19 terus menurun, yaitu dari 7.700 kasus turun ke 6.700 kasus dan terakhir 5.400 kasus (periode 3 s.d 5 September 2021).

Bed Occupany Rate (BOR) atau tingkat keterisian penderita Covid 19 di rumah sakit juga turun dari 21% ke 20% hinga mencapai angka 19%. Begitu juga di Wisma Atlet, dari 11% kemudian turun menjadi 9%.

Namun demikian, Jokowi meminta masyarakat tidak euforia menyikapi penurunan tersebut, karena Covid masih mengintai.

Baca Juga: Koes Hendratmo Meninggal Dunia, Legenda Dengan Sejuta Kenangan Bagi Pemirsa Acara Kuis ‘Berpacu dalam Melodi’

Terlebih lagi dengan keberadaan virus corona varian Mu, Jokowi sampai mewanti-wanti jajarannya, khususnya di sektor perhubungan untuk mewaspadai penyebaran virus corona baru varian Mu.

Virus corona baru varian Mu oleh organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah dimasukkan ke dalam daftar variant of interest (VOI). Varian Mu pertama kali teridentifikasi di Kolombia pada Januari 2021.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X