• Minggu, 7 Agustus 2022

Fakta Kebakaran Lapas Tangerang, Terjadi di Blok Napi Kasus Narkoba Hingga Disorot Media Asing

- Rabu, 8 September 2021 | 12:38 WIB
Foto ilustrasi kebakaran (Pexels/Pixabay)
Foto ilustrasi kebakaran (Pexels/Pixabay)

NEWSmedia - Kebakaran terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Tangerang (Lapas Tangerang) pada Rabu, 8 September 2021. Peristiwa itu menewaskan 41 narapidana dan melukai lebih dari 70 orang penghuni.

Informasi yang dihimpun NEWSmedia, kebakaran terjadi di Blok C Lapas Tangerang sekira pukul 01.00 WIB dinihari. Diketahui Blok C di lapas itu diisi oleh narapidana yang terjerat kasus narkoba.

Berdasarkan keterangan awal pihak kepolisian, kebakaran disebabkan oleh hubungan pendek arus listrik atau korsleting. Namun saat ini polisi masih melakukan penyelidikan.

Baca Juga: Lapas Tangerang Terbakar, 41 Narapidana Tewas Puluhan Lainnya Luka Berat

“Penyebab pastinya masih dalam tahap penyelidikan,” kata Juru Bicara Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Rika Aprianti kepada media.

Kebakaran yang terjadi Lapas Tangerang yang memakan korban itu disorot sejumlah media asing seperti Al Jazeera dan Reuters.

Al Jazeera membuat berita dengan judul ‘Dozens killed in fire at overcrowded Indonesian prison’ yang artinya ‘Puluhan tewas dalam kebakaran di penjara Indonesia yang penuh sesak’.

Baca Juga: Daftar Bank yang Ditunjuk untuk Transaksi Mata Uang Rupiah-Yuan, BRI Salah Satunya

Media asing tersebut menyoroti kapasitas penjara di Indonesia, termasuk di Lapas Tangerang. Disebutkan bahwa kepadatan telah menjadi masalah di penjara Indonesia selama bertahun-tahun.

“Lapas Kelas 1 Tangerang berada di pusat industri dan manufaktur, dekat dengan ibu kota Jakarta, menampung lebih dari 2.000 narapidana, jauh lebih dari kapasitas 600 orang,” tulis Al Jazeera dalam laporan beritanya.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini