• Kamis, 21 Oktober 2021

Lapas Tangerang Over Kapasitas, Akibatnya Banyak Nyawa Melayang dalam Musibah Kebakaran

- Rabu, 8 September 2021 | 14:34 WIB
Ilustrasi. (Foto: Fixabay)
Ilustrasi. (Foto: Fixabay)

NEWSmedia - insiden kebakaran Lapas yang terjadi sekitar pukul 01.45 WIB melena 41 orang korban jiwa. Puuhan warga binaan lainnya mengalami luka-luka. Pemicu kebakaran sementara diduga karena konsleting listrik.

Kuat dugaan yang membuat banyaknya korban jiwa dalam insiden itu karena Lapas yang berada di Jalan Veteran, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang menampung jumlah warga binaan melebihi kapsitas ideal.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Kemenkum-HAM, Rika Aprianti membenarkan soal adaya over kapasitas di titik lokasi kebakaran, tepatnya di blok C2.

Baca Juga: Video Short Putih Abu-abu Trending 1 YouTube, Dapat 5 Juta Subscriber Setelah 4 Hari Diunggah

“Kalau kondisi lapas memang sudah over capacity. Dari kapasitas yang seharusnya hanya 40, tapi diisi 120-an orang,” ujar Rika Aprianti, di Lapas Tangerang, Rabu 8 September 2021.

Dijelaskan Rika, secara keseluruhan kapasitas lapas hanya untuk 900 tahanan saja, namun saat ini berjumlah 2.069 orang.

Sedangkan untuk setiap sel idealnya berisi 40 tahanan. Namun karna over kapasitas, membuat tiap sel diisi oleh 120-an tahanan.

Baca Juga: 5 Debut Tersukses BRI Liga 1 2021, Pemain Asing asal Brasil Mendominasi

Rika mengatakan hal it terpaksa dilakukan, jumlah napi dibagi dalam 19 sel tahanan. Namun diaa berdalih, walaupun dengan over kapasitas bukan menjadi suatu alasan dalam kepengurusan.

“Mereka tetap menjalankan sesuai SOP, bahkan dalam menangani bencana seperti kebakaran ini. Tentunya over capacity ini bukan alasan, tapi tantangan yang harus kami hadapi. SOP tetap kami jalani, tetap berjalanan,” kilah Rika.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X