• Kamis, 21 Oktober 2021

Kemenkumham Bentuk Tim Khusus untuk Bantu Tangani Korban Kebakaran Hingga Dimakamkan

- Rabu, 8 September 2021 | 19:22 WIB
Menkumham Yasona Laoly.*
Menkumham Yasona Laoly.*

NEWSmedia - Adanya musibah kebakaran yang terjadi di lapas kelas I Tangerang Rabu dini hari, membuat pihak Kementrian Hukum dan HAM membentuk lima tim khusus. Tim ini bertugas membantu pihak kepolisian, menerima infomasi untuk keperluan pencocokan data forensik hingga membantu keluarga korban dalam pemulasaran jenazah sampai dimakamkan.

"Kami telah membentuk lima tim untuk menangani kejadian ini, salah satunya tim yang khusus membantu pemulasaran, pemakaman, hingga pengantaran jenazah. Kami akan membantu pemulasaran jenazah sampai selesai dikuburkan," ujarnya.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (MenkumhamYasonna Laoly juga mengatakan, pembentukan tim ini sebagai bentuk tanggung jawab jajarannya dalam musibah kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang.

Baca Juga: Dari Limpa Hingga Kanker Langka, Ari Lasso Ungkap Hal yang Mengejutkan

"Atas nama jajaran Kementerian Hukum dan HAM, khususnya Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, saya meminta maaf kepada keluarga korban atas musibah ini, ini diluar kehendak kita," ujarnya.

Laoly juga mengatakan, pihaknya bertanggung jawab dan akan membantu sepenuhnya baik pihak kepolisian maupun dari keluarga warga binaan yang menjadi korban, baik korban meninggal dunia, luka berat maupun luka ringan.

"kami juga meminta maaf kepada masyarakat Indonesia atas bencana kebakaran yang terjadi," tutur Laoly.

Baca Juga: Lapas Tangerang Over Kapasitas, Akibatnya Banyak Nyawa Melayang dalam Musibah Kebakaran

Pihak kemenkumham juga berjanji akan memberikan uang santunan senilai Rp30 juta kepada keluarga masing-masing warga binaan yang meninggal dunia dalam musibah kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, Banten.

"Sebagai sebagian perwujudan duka, kami akan memberikan santunan senilai Rp30 juta kepada keluarga dari masing-masing korban yang meninggal dunia dalam musibah ini," kata Yasonna dalam keterangannya seperti yang dilansir Newsmedia dari pikiran-rakyat.com, Rabu, 8 September 2021.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X