• Senin, 18 Oktober 2021

8 Tanda Seseorang Memiliki Sifat Ambivert atau Mudah Berubah Emosi antara Terbuka dan Tertutup

- Kamis, 9 September 2021 | 10:55 WIB
Introvert, Extrovert, atau Ambivert?
Introvert, Extrovert, atau Ambivert?
NEWSmedia - Kepribadian secara umum, dikelompokam menjadi 3 yaitu introvert, ektrovert dan Ambivert. Tipe kepribadian Introvert dan ekstrovet mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga. Namun ketika mendengar ambivert mungkin masih bingung kepribadian seperti apa. 
 
Ambivert adalah kepribadian yang cenderung memiliki campuran antara introvert yang pendiam dan ekstrovert yang periang. Untuk lebih jelasnya simak tanda-tanda seseorang memiliki kepribadian ambivert di bawah ini.
 
Fokus Pada Sesuatu 
Orang dengan kepribadian ambivert biasanya tidak terlalu terganggu dengan rangsangan eksternal atau pengaruh orang lain. Peneliti Malaysia menyebutkan bahwa ambivert lebih mampu untuk fokus  dari pada ekstrovert.
 
 
Orang yang fleksibel
Seorang ambivert memiliki sikap yang mudah menyesuaikan diri ketika berada dalam keadaan yang menuntutnya untuk menjadi introvert yang pendiam atau ekstrovert yang aktif. Ambivert selalu tau kapan ia harus aktif untuk bersosialisasi atau saat ia harus harus diam dan mendengarkan orang lain. Ini menjadikan ambivert sebagai seorang yang fleksibel.
 
Pandai mengatur keuangan
Beberapa penelitian menemukan bahwa orang dengan kepribadian ambivert lebih pandai melakukan urusan bisnis atau menghasilkan keuangan dengan baik. Ia juga orang yang antusias melakukan penjualan serta mengumpulkan banyak uang.
 
 
Tahu kapan harus berbicara
Seorang ambivert biasanya tau kapan dan dimana dia harus berbicara atau menyampaikan idenya. Meskipun begitu, Ambivert adalah orang yang selalu memiliki ide-ide yang baik meskipun kamu tidak langsung mengatakannya.
 
Cenderung sulit memutuskan sesuatu
Dalam hal ini, ambivert diartikan sebagai seseorang yang harus banyak berpikir atau penuh pertimbangan saat hendak memutuskan sesuatu. Ia seringkali menghabiskan banyak energi untuk melakukannya.
 
 
Pendengar yang baik
Disaat-saat tertentu seorang ambivert adalah orang yang paling bisa diandalkan sebagai tempat bercerita. Ambivert akan berusaha menjadi pendengar yang baik, meskipun tidak sebaik introvert.
 
Sering ragu-ragu dalam melakukan sesuatu
Hal ini terjadi karena kepribadian ambivert adalah campuran dari dua kepribadian lainnya. Hal inilah yang menyebabkan ambivert menjadi sangat fleksibel dan santai sehingga suatu ketika harus melakukan atau memutuskan sesuatu, Kamu seringkali merasa ragu dan tidak yakin.
 
 
Orang yang tidak mudah dipredksi
Seorang ambivert adalah orang yang tidak terduga dan tidak mudah dimengerti. Hal ini karena seorang ambivert kadang menunjukan dirinya seperti seorang ekstrovert yang senang bersosialisasi.
 
Tapi di satu waktu ia menjadi seseorang yang pendiam atau menghindari kerumunan dan membuat orang-orang bingung dan bertanya-tanya. Kemudian ambivert akan mengatakan bahwa ia kadang menjadi periang dan kadang juga pendiam.
 
 
Itulah beberapa tanda seseorang memiliki kepribadian ambivert. Apakah kamu salah satunya? ***

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X