• Kamis, 21 Oktober 2021

Asrama Haji Banten Jangan Dikelola Sambilan, Komisi VIII DPR: Pengelolaannya Harus Profesional

- Kamis, 9 September 2021 | 22:33 WIB
Kepala Kanwil Kemenag Banten H. Nanang Fatchurochman dan Anggota Komisi VIII DPR RI Muhammad Rizal pada acara Jamarah, di Hote Sahid Mutiara Karawaci Kota Tangerang Selatan, Kamis 9 September 2021 (Foto: Syair Asiman/NEWSmedia)
Kepala Kanwil Kemenag Banten H. Nanang Fatchurochman dan Anggota Komisi VIII DPR RI Muhammad Rizal pada acara Jamarah, di Hote Sahid Mutiara Karawaci Kota Tangerang Selatan, Kamis 9 September 2021 (Foto: Syair Asiman/NEWSmedia)

NEWSmedia.- Keberadaan asrama haji Provinsi Banten jangan sampai menjadi beban pemerintah. Oleh sebab itu, keberadaannya harus dikelola oleh pihak yang profesional dan terbiasa mengurus sejenis hotel.

“Kalau dikelola sambilan, itu hanya akan menjadi beban pemerintah daerah. Sebab, sudah pasti beban operasional yang akan ditanggung juga besar,” kata anggota Komisi VIII DPR RI Muhammad Rizal pada acara Jamarah: Jagong Masalah Umrah dan Haji.

Kegiatan diprakarsai Bidang Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Banten, berlangsung di Hotel Sahid Mutiara Karawaci Kota Tangerang Selatan, dengan moderator Pemred Harian Kabar Banten H. Maksuni Husen, pada Kamis 9 September 2021.

Baca Juga: KPI Mengizinkan Saipul Jamil Tampil di Televisi, Tapi Ada Syaratnya

Menurut Rizal, Komisi 8 DPRRI mendukung penuh berdirinya Asrama Haji Provinsi Banten. Sebab, Provinsi Banten dinilai sangat layak memiliki asrama haji.

Akan tetapi ia mengingatkan, keberadaan asrama haji itu tidak boleh hanya melayani calon Jemaah haji, melainkan harus juga difungsikan untuk kepetingan kemasyarakatan. Seperti gelaran hajatan, pertemuan dan sebagainya.

“Oleh sebab itu, pengelolanya harus profesional. Kalau hanya mengandalkan calon Jemaah haji, kan itu hanya setahun sekali. Padahal, gedung Asrama Haji itu sudah tentu membutuhkan biaya operasional setiap hari,” kata anggota F-PAN DPR RI.

Baca Juga: Megawati Soekarnoputri Dikabarkan Koma di RSPP, Hersubeno Arief Ungkap WA Dokter Kabar itu Valid 1.000 Persen

Sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenag Banten H. Nanang Fatchurochman mengatakan, Banten sebagai daerah religius masyarakatnya sangat antusias untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah.  Tercatat, kuota haji tahunan asal Banten mencapai 9.461 orang.

Menurut dia, Banten juga sekarang ini sudah mulai membangun asrama Haji di Cipondoh Tangerang. Pembangunan fisik asrama haji tersebut akan dimulai pada tahun 2022. “Jadi dengan upaya yang luar biasa, Banten akhirnya punya asrama haji tersendiri,” katanya.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RSUD Banten Luncurkan Kateterisasi Jantung

Rabu, 13 Oktober 2021 | 13:56 WIB
X