• Rabu, 8 Desember 2021

7 Makanan untuk Ibu Melahirkan dan Menyusui, Mulai Kurma Hingga Apel

- Sabtu, 11 September 2021 | 10:27 WIB
7 makanan untuk ibu melahirkan dan menyusui (Pixabay/ jackmac34)
7 makanan untuk ibu melahirkan dan menyusui (Pixabay/ jackmac34)

NEWSmedia - Inilah 7 makanan yang sehat dan aman dikonsumsi untuk wanita setelah melahirkan dan saat menyusui.

Saat wanita sedang hamil dan melahirkan buah hatinya, tentu kesehatan menjadi prioritas paling utama.

Di masa kehamilan, kesehatan mental dan fisik menjadi hal-hal yang tetap harus dijaga, begitupun setelah melahirkan.

Baca Juga: 8 Tanda Seseorang Memiliki Sifat Ambivert atau Mudah Berubah Emosi antara Terbuka dan Tertutup

Makanan menjadi salah satu faktor yang harus terus dijaga. Tidak semua makanan dapat dimakan oleh ibu yang baru melahirkan.

Sebab makanan yang dikonsumsi harus mendukung kesehatan serta proses pemulihan pasca melahirkan.

Dikutip NEWSmedia dari laman Healthline berikut adalah makanan-makanan yang sehat dikonsumsi oleh wanita setelah melahirkan:

Baca Juga: Sederet Mitos dan Fakta Tentang Mi yang Harus Diketahui

1. Sup Ayam
Setelah melahirkan, wanita akan mengalami peningkatan cairan termasuk keringat dan Asi. Mengkonsumsi Sup ayam mungkin bisa menjadi pilihan yang baik untuk membantu produksi cairan Asi.

Kaldu ayam dapat menghidrasi dan rasa asinnya berguna untuk mengisi kembali elektrolit secara alami serta bahan lain yang mengandung banyak karbohidrat.

2. Kerupuk
Kebutuhan karbohidrat setelah melahirkan semakin meningkat. Hal ini karena tubuh wanita perlu memulihkan tenaga dan energinya setelah melahirkan.

Baca Juga: 8 Cara Mudah Menghilangkan Nyeri Haid, yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri di Rumah

Mengkonsumsi kerupuk dan biskuit asin dapat membantu memberikan asupan karbohidrat dan elektrolit untuk meringankan tubuh kamu.

3. Kurma
Sebuah penelitian menemukan bahwa kurma dapat membantu wanita kehilangan lebih banyak darah ketika melahirkan dan menurunkan resiko berat pendarahan.

Hal ini karena Kurma merupakan sumber gula sederhana yang dapat memberikan dorongan energi cepat saat melahirkan. Akan lebih baik mengkonsumsinya sebelum waktu kelahiran.

Baca Juga: 7 Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Meningkatkan Imun

4. Oatmeal buah
Setelah melahirkan, tubuh mungkin mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti sembelit sampai wasir.

Untuk membantu membersihkan kotoran-kotoran dalam tubuh pasca melahirkan, makanan kaya serat seperti oatmeal disebut dapat meningkatkan suplai Asi wanita.

5. Dendeng sapi
Setelah melahirkan, wanita mengalami perdarahan selama berhari-haru sampai berminggu-minggu. Hal ini membuat tubuh wanita kekurangan zat besi dan beresiko kehilangan banyak sel darah yang dapat mengganggu produksi Asi.

Baca Juga: Jangan Berlebihan! Mengonsumsi Telur Gulung Terlalu Banyak Bisa Berakibat Buruk pada Ginjal

Mengkonsumsi dendeng sapi yang sehat atau dibuat sendiri dapat membantu pemulihan zat-zat dalam tubuh serta keseimbangan elektrolit.

6. Telur
Telur merupakan sumber protein yang dapat membantu menenangkan otot-otot yang sakit dan berkontraksi selama proses melahirkan.

Selain itu, kandungan lemak omega-3 dalam telur dapat meningkatkan fungsi otak dan mengurangi resiko depresi pasca melahirkan.

Baca Juga: 13 Manfaat Daun Pandan untuk Wanita dan Pria, Bisa untuk Terapi Menurunkan Kadar Gula Darah

7. Apel
Kandungan mineral dan vitamin yang kaya dalam apel dapat membantu membersihkan bakteri setelah melahirkan.

Selain kaya vitamin apel bisa menjadi pilihan buah yang mudah untuk dikonsumsi selain rasa manisnya yang rendah apel juga kaya akan nutrisi yang membantu meningkatkan kekuatan tubuh wanita pasca melahirkan.

Itulah 7 makanan yang sehat dan aman dikonsumsi untuk wanita setelah melahirkan dan saat menyusui. Semoga bermanfaat.***

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X