• Kamis, 21 Oktober 2021

2 Dekade Partai Demokrat: Lika-Liku Sejarah Hingga Petuah SBY kepada AHY dkk Supaya Tidak Kendor

- Sabtu, 11 September 2021 | 22:37 WIB
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto Instagram @pdemokrat)
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto Instagram @pdemokrat)

NEWSmedia - 9 September adalah hari lahir Partai Demokrat, partai yang kini dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono, putra Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Hari lahir Partai Demokrat juga bertepatan dengan ulang tahun SBY yang merupakan salah satu tokoh penggagasnya. Bisa dikatakan Demokrat dibesarkan oleh SBY, dan SBY juga dibesarkan Demokrat.

Mengapa demikian? Sejak didirikan pada 9 September 2001, Partai Demokrat langsung mewarnai perpolitikan di Indonesia dan berhasil menorehkan pencapaian gemilang.

Baca Juga: Eskalasi Politik di Banten Jelang Pemilu 2024 Menghangat, Sejumlah Tokoh Golkar Berlabuh ke PPP

Secara berturut-turut, pada Pilpres 2004 dan Pilpres 2009 Partai Demokrat berhasil mengantarkan SBY duduk menjadi Presiden Republik Indonesia.

SBY dan Partai Demokrat pun menguasai roda pemerintahan selama dua periode yaitu 2004-2009 dan 2009-2014.

Diketahui, awal mula berdirinya Partai Demokrat yakni 20 Agustus 2001 Vence Rumangkang dibantu Suthan Bhatoegana mengumpulkan orang-orang untuk mematangkan konsep sebuah partai.

Nama-nama tim perumus konsep pendirian Partai Demokrat antara lain Vence Rumangkang, Ahmad Mubarok, A. Yani Wachid, Subur Budhisantoso, Irzan Tanjung, RMH. Heroe Syswanto Ns, RF. Saragih, Dardji Darmodiharjo, Rizald Max Rompas, T Rusli Ramli, MS.

Baca Juga: Rocky Gerung Dapat Surat Somasi, Andie Arif: Motif Politik Pasti Ada di Balik Kasus Ini

Selain nama-nama tersebut, ada juga beberapa orang yang beberapa kali ikut berdiskusi, dan diskusi finalisasi konsep partai dipimpin oleh SBY.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X