• Senin, 24 Januari 2022

4 Keutamaan Bulan Safar dan Mitos yang Dipercaya Masyarakat

- Senin, 13 September 2021 | 09:30 WIB
Ilustrasi. (Photo Pavlo Luchkovski from Pexels)
Ilustrasi. (Photo Pavlo Luchkovski from Pexels)

NEWSmedia - Mitos di bulan Safar adalah banyak terjadi bala’ (musibah) yang terjadi di muka bumi. Orang tua dulu sering melarang anaknya untuk bepergian jauh di bulan Safar, karena mitosnya di bulan ini terjadi musibah.

Padahal musibah tidak hanya terjadi di bulan Safar, tetapi di bulan lain pun bisa terjadi musibah. Seharusnya sebagai muslim kita menyadari bahwa musibah yang terjadi di muka bumi ini disebabkan perilaku kita sebagai manusia, sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Ar-Rum: 41-42;

“Telah Tampak kerusakan di darat dan laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kemali (ke jalan yang benar). Katakanlah (Muhammad), “Bepergianlah di bumi lalu lihatlah bagaimana kesudahan orang-orang dahulu. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).”

Baca Juga: RRQ Ryu Juara PMPL ID Season 4 Babak Liga, Amankan Tiket ke PMPL SEA S4

Dan semua musibah yang terjadi di muka bumi ini pun semuanya atas kehendak Allah. Karena tidak akan terjadi suatu apapun jika Allah tidak berkehendak. Daun yang jatuh sekalipun karena kehendak Allah. Seperti firman Allah dalam QS. At-Taghabun ayat 11;

“Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

Baca Juga: Klasemen Sementara MPL Season 8 Week 5: Kokoh di Puncak, Alter Ego Tak Terkalahkan

Maka sudah jelas, bahwa musibah yang terjadi di muka bumi ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan bulan Safar. Namun sebaliknya, terdapat beberapa keutamaan di bulan Safar, yaitu:

Memperkuat keimanan

Yakinlah bahwa bulan ini sama seperti bulan lain yang  diberikan Allah sehingga kita bisa beramal sholih. Tidak mempercayai bahwa bulan ini adalah bulan sial karena segala sesuatu yang terjadi adalah atas izin Allah.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X