• Kamis, 21 Oktober 2021

7 Cara Menghindari Longsor Tebing Agar Tidak Terjadi Seperti Musibah Di Kabupaten Bogor

- Senin, 13 September 2021 | 11:15 WIB
Tanah longsor telah mengakibatkan delapan rumah warga di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, rusak berat. (Dok. BPBD Kabupaten Bogor)
Tanah longsor telah mengakibatkan delapan rumah warga di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, rusak berat. (Dok. BPBD Kabupaten Bogor)

NEWSmedia - Longsor yang terjadi di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat mengakibatkan dua rumah warga rusak berat dan enam lainnya rusak ringan. Meskipun tidak ada laporan korban jiwa, tetapi kita bisa mengambil pelajaran bagaimana cara menghindari longsor.

Dalam video terlihat beberapa warga setempat menyaksikan langsung runtuhnya tanah yang megakibatkan tanah sekitar retak. Padahal sebelumnya, pemerintah daerah sudah mengimbau warga untuk mengungsi, karena pantauan prakiraan cuaca wilayah Rumpin Bogor terpantau berawan hingga cerah berawan.

Indonesia memiliki dua musim musim hujan dan musim panas. Dan saat musim hujan tiba, maka bencana alam seperti tanah longsor dan banjir akan datang jika kita tidak bisa menjaga lingkungan dengan baik, seperti membuang sampah ke saluran air, ke sungai. Bisa juga terjadi akibat pembangunan yang terus menerus sehingga tidak ada lahan untuk serapan air.

Baca Juga: Hasil Liga Italia 2021: AS Roma Vs Sassuolo 2-1, Hadiah Spesial Bagi Laga ke-1000 Jose Mourinho

Penebangan liar pun bisa menjadi penyebab terjadinya banjir, karena semakin kurangnya pohon yang biasa menyerap air. Ini bisa diubah dengan cara tebang pilih, menebang pohon kemudian menanam pohon baru supaya hutan tidak gundul. Pengerukkan tanah secara berlebihan pun dapat menyeababkan longsor.

Manusia memang tidak bisa menghentikan terjadinya bencana 100%, tetapi setidaknya dengan melakukan upaya sejak dini dapat mengurangi resiko terjadinya bencana alam. Berikut adalah cara meghindari terjadinya tanah longsor:

Jangan membuat kolam atau sawah di atas lereng

Kolam atau sawah yang dibuat di atas lereng akan membuat daya hidrostatika semakin kuat menekan permukaan tanah sehingga tanah rentan tergeser, merubah dan mengakibatkan terjadinya longsor.

Baca Juga: Cara PDKT Biar Nyaman ke Gebetan, Cobain 3 Jurus Ampuh Ini, Dijamin Gebetan Makin Nempel!

Jangan mendirikan rumah di bawah tebing

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X