• Kamis, 28 Oktober 2021

4 Istilah Dalam Dunia Perbukuan, Pembaca dan Penulis Pemula Wajib Tahu

- Senin, 13 September 2021 | 19:55 WIB
Potret Rak Buku di Perpustakaan (Pexels/Element5 Digital)
Potret Rak Buku di Perpustakaan (Pexels/Element5 Digital)
NEWSmedia - Dalam dunia ilmu perbukuan terdapat beberapa istilah singkatan berbahasa inggris yang tidak banyak orang mengetahuinya. Padahal istilah ini sangat penting bagi pembaca maupun penulis buku.
 
Karena sebagian orang terutama untuk pemula yang menekuni dunia perbukuan atau hobi membaca masih awam melihat istilah-istilah tersebut, seperti CR, DNF, TBR dan POV. 
 
Sebagaimana dilansir Gramedia, ada arti istilah dari 4 kode tersebut yang biasa disematkan dalam buku. Berikut penjelasannya:
 
1. CR 
CR adalah singkatan dari Currently Reading yang mempunyai makna yaitu buku yang sekarang sedang kita baca.
 
Terkait CR itu sendiri tidak harus satu judul buku aja yang dibaca, tetapi berlaku untuk semua buku yang sedang dibaca maka bisa disebut dengan istilah CR.
  
2. DNF
Did Not Finish atau yang biasanya di singkat dengan istilah DNF yaitu dimana si pembaca belum  selesai membaca secara tuntas isi dari buku yang di bacanya. Hal ini dikarenakan beberapa hal seperti buku yang dibaca tidak menarik maupun alasan lainnya.
 
3. TBR
Istilah TBR merupakan singkatan dari To Be Read yang artinya buku buku yang akan dibaca, TBR berbeda dengan wishlist. 
  
Jika TBR biasanya dalam buku-buku yang memang sudah kita beli, sudah kita punya dan akan kita baca. Sedangkan wishlist sesuai dengan arti wishlist itu sendiri yaitu daftar keinginan yang dimana si pembaca mempunyai keinginan untuk membaca buku-buku yang belum dia miliki.
 
4. POV
POV singkatan dari point of view atau yang biasanya dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sudut pandang yang ada di dalam sebuah buku.
 
Seperti contoh di dalam buku A untuk POV nya yaitu sudut pandang orang pertama maka dapat di artikan cerita dalam buku A tersebut diceritakan oleh pemeran utama.
 
Nah demikian penjelasan dari singkatan istilah tersebut semoga dapat bermanfaat bagi kawan kawan untuk menambah wawasan seputar dunia perbukuan***
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X