• Senin, 18 Oktober 2021

10 Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh Salah Satunya Mencegah Kanker,Sisanya Bikin Takjub

- Selasa, 14 September 2021 | 10:30 WIB
Ilustrasi jahe (pic. eiilif sonas unsplash)
Ilustrasi jahe (pic. eiilif sonas unsplash)
 
NEWSmedia- Jahe adalah sejenis tanaman rempah dengan bau khas yang harum dan menyehatkan. Jahe mangandung banyak serat, vitamin dan antibiotik alami yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.
 
Kandungan manfaat dalam jahe yang sangat berkhasiat layak dikonsumsi dengan rutin untuk booster alami tubuh kamu.
 
Dirangkum News Media dari laman The Healthty dan beberapa sumber lainnya berikut adalah beberapa manfaat jahe bagi kesehatan tubuh :
 
Mengatasi masalah pencernaan
Kandungan Phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur dan mencegah terjadinya kontaksi perut. Selain itu jahe juga berguna untuk membantu pergerakan makanan dan minuman selama proses pencernaan.
 
 
Meredakan nyeri sendi
Penelitian di University of Georgia mengatakan bahwa jahe dapat membantu meredakan rasa sakit pada otot yang diakibatkan oleh berolagraga atau cedera pada sendi seperti lutut atau pinggang. Hal ini tentu dapat membantu kamu memiliki sendi yang kuat dan sehat
 
Membantu meredakan Migren
Aroma harum dalam jahe membuat otot-otot tubuh terasa rileks termasuk otot tegang yang menyebabkan sakit pada kepala akibat migren. Jahe bisa membantu meredakannya. Kamu bisa mengkonsumsi jahe dengan air hangat.
 
 
Mencegah peradangan
Selain bermanfaat untuk mencegah kanker, kandungan gingerol pada jahe juga memiliki sifat anti-inflamatori yang bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan pada bagian tubuh yang sakit.
 
Menambah energi
Meminum teh yang dicampur dengan potongan jahe mungkin akan membantu kamu lebih siaga. Menambah energi, melawan flu dan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
 
 
Meredakan distensi atau kembung
Saat wanita mengalami menstruasi atau kembung setelah makan siang, rasa hangat dalam jahe dapat membantu kamu meredakan rasa kembung tersebut. Kamu bisa memulainya dengan meminum rebusan jahe bersama gula merah
 
Mencegah penyakit kulit dan detoksifikasi
Jahe juga disebut sebagai makanan diaphoretic yang bermanfaat untuk memicu keluarnya keringat. Hal ini bermanfaat untuk detoksifikasi dan melindungi kulit dari bakteri yang menyebabkan penyakit kulit. 
 
 
Membantu melindungi  tubuh dari kanker
Kandungan gingerol dalam jahe dapat mencegah pertumbuhan sel kanker pada usus besar. Selain itu rasa unik pada jahe yang berasal dari phytonutrient memberikan jahe cita rasa yang khas. Penelitian juga membuktikan bahwa Gingerol dalam jahe mampu mencegah bertambahnya sel tumor.
 
Membantu menurunkan berat badan
Sebuah studi yang dilakukan para peneliti di Institute for Human Nutrition di Columbia menemukan bahwa meminum atau mengkonsumsi makanan beraroma jahe dapat membantu mengurangi rasa lapar dan membuat kamu merasa lebih kenyang.
 
Membantu mengurangi stress oksidatif 
Stress oksidatif adalah kondisi penuaan seluler dalam tubuh. kandungan anti-inflamasi dalam jahe dapat membantu menurunkan kadar kolestriol, tekanan darah dan mengurangi penumpukan lemak berbahaya dalam pembuluh arteri. 
 
 
Itulah beberapa manfaat jahe bagi kesehatan tubuh kamu. Semoga bermanfaat.***

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X