• Selasa, 28 September 2021

Pemerintah Izinkan Bioskop Buka untuk Daerah dengan Kategori PPKM level 2 dan 3

- Selasa, 14 September 2021 | 10:00 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 6 September 2021)
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 6 September 2021)
NEWSmedia - Pemerintah kembali memperpanjang PPKM hingga 20 September 2021. Perpanjangan PPKM ini merupakan hasil evaluasi dari satgas selama satu pekan terakhir.
 
Keputusan tersebut diumumkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), yang juga Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan pada Senin, 13 September 2021..

Menurut Luhut, terdapat beberapa wilayah yang mengalami peningkatan mobilitas yang cukup masif umumnya terjadi dibeberapa lokasi wisata seperti Pantai Pangandaran Sukabumi yang dipenuhi pengunjung dari sekitar Bandung Raya, Tasikmalaya, dan Jabodetabek. 
 
Sehingga potensi untuk terjadi penyebaran Covid 19 sangat rentan akibat lemahnya penerapan protokol kesehatan dilokasi wisata.
 
 
Semantara itu Luhut juga mengatakan, pemerintah juga memperbolehkan bioskop untuk beroperasi dengan kapasitas maksimal 50% tetapi hanya untuk daerah dengan level 2 dan 3.
 
“Pembukaan bioskop dengan kapasitas maksimal 50 % pada kota level 3 dan 2, namun dengan kewajiban menggunakan aplikasi pedulilindungi serta protokol kesehatan yang ketat, hanya kategori hijaulah yang dapat masuk area bioskop.” jelasnya.
 
Selain itu beberapa tempat wisata juga akan dibuka di daerah level 3 dan 2.
 
 
Selain itu Luhut mengatakan penerapan ganjil genap akan diberlakukan di beberapa daerah wisata yang akan dimulai pada Jumat sampai Minggu dari jam 12.00 sampai jam 18.00.
 
Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi kendaraan yang masuk ke tempat-tempat wisata. 
 
“Penerapan ganjil genap akan diberlakukan pada daerah-daerah tempat wisata mulai Jumat pukul 12 siang sampai dengan minggu puku 18.00,” lanjut Luhut.
 
 
Sementara bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan melalui udara akan diperketat dalam hal persyaratan, dan hanya beberapa yang akan dibuka seperti Bandara Soekarno Hatta Cengkareng dan Sam Ratulangi Manado, sedangkan untuk tujuan Pulau Bali masih akan dipertimbangkan kembali.
 
“Pengetatan persyaratan perjalanan internasional dari luar negeri wajib full vaksinasi, PCR 3 kali, melakukan karantina selama 8 hari dan pembatasan pintu masuk untuk kemudahan pengawasan." tambahnya.
 
Sehingga turis domestik atau warga indonesia yang datang dari luar negeri hanya diijinkan masuk dari dua terminal kedatangan yaitu Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Sam Ratulangi Manado.
 
Pemerintah juga akan menyasar vaksinasi terutama bagi masyarakat yang rentan terjangkit Covid 19 seperti lansia, penerapan protokol kesehatan yang ketat termasuk implementasi peduli lindungi.
 
Hal itu kata Luhut merupakan kunci suksesnya menekan angka wabah di suatu wilayah tertentu.
 
Luhut juga menambahkan pemerintah punya taqrget tertentu aqar cakupan vaksinasi dosis 2 mencapai 50%, sementara untuk lansia harus mencapai 40 %. 
 
Sementara untuk cakupan vaksinasi dosis 1 harus mencapai 70 %, dan untuk lansia harus mencapai 60%.
 
Hal ini dilakukan aqar dapat hidup berdampingan dengan Covid19.***
 
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X