• Selasa, 28 September 2021

Mengenali Gangguan Psikosomatik dan 5 Cara Mengatasinya agar Tidak Merusak Fisik

- Selasa, 14 September 2021 | 18:26 WIB
Stress banyak pikiran. (Pixabay)
Stress banyak pikiran. (Pixabay)

NEWSmedia - Pernahkah anda mengalami rasa cemas berlebihan atau khawatir hingga panik? Bisa saja anda mengalami psikosomatik. Apa itu psikosomatik? Psikosomatik secara definisi adalah istilah psiko dan soma yaitu psikologi atau jiwa dan soma.

Dalam kehidupan sehari-hari psikosomatik dapat di jabarkan sebagai adanya keluhan-keluhan fisik yang akibatkan oleh faktor psikologi.

Berikut tips yang di berikan oleh dr.Andri,spKJ, FAPM yaitu dokter spesialis penyakit jiwa Rumah Sakit Omni Hospital Alam Sutera Tangerang:


1.Bagaimana kita bisa memperhatikan pikiran tersebut tanpa menjadi bagian dari pikiran itu sendiri.

Jika kita seringkali berada diposisi khawatir, cemas, sedih, dan takut. Namun ada baiknya kita ubah kondisi tersebut, jangan biarkan fikiran negatif berada di dalam diri kita. Misalnya anda sedang memakai baju, anggap saja baju itu 'rasa cemas' anda.

Jika anda melepas baju tersebut maka rasa cemas anda pun ikut terlepas dari diri anda. Jadi tanamkan mindset bahwa rasa cemas atau fikiran negatif tersebut bukan bagian dari dalam diri anda.

Baca Juga: Asal Usul Lord Adi Peserta MasterChef Indonesia Akhirnya Terjawab, Begini Ceritanya


2.Namakan Pikiran Tersebut

Namakan segala bentuk fikiran negatif anda, fikiran sedih, fikiran cemas, fikiran takut, dll. Agar anda tahu bahwa fikiran-fikiran tersebut adalah sesuatu yang tidak kekal.

Jika anda mengalami fkiran negatif maka anda bisa menanganinya jika anda sudah tahu nama nya, baik itu sedih, kecewa, takut, dsb. Yang paling utama adalah memisahkan fikiran negatif dari tubuh anda dan dari kondisi keadaan anda sehari-hari.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Terkini

4 Cara Mudah Menghilangkan Stress agar Tetap Bahagia

Minggu, 26 September 2021 | 11:55 WIB
X