• Rabu, 29 September 2021

13 Makanan Anti Radang yang Bisa Dikonsumsi Sehari -hari Mulai Coklat sampai Brokoli

- Rabu, 15 September 2021 | 10:30 WIB
Makanan Sehat (Pixabay)
Makanan Sehat (Pixabay)
NEWSmedia - Peradangan merupakan reaksi tubuh untuk mempertahankan diri dari gejala infeksi atau cedera. Tapi, peradangan yang parah tentu bukan kondisi yang baik untuk tubuh kita.
 
Peradangan bisa berupa gejala yang timbul di berbagai bagian organ tubuh misalnya, radang tenggorokan, radang usus, Jerawat bahkan radang pada paru-paru.
 
Untuk menghindarinya tentu kamu harus menerapkan gaya hidup sehat dan konsumsi makanan yang mengandung anti-inflamasi tinggi. Beberapa makanan ini mungkin biasa kamu temukan sehari-hari.
 
 
Berikut adalah 13 makanan yang bisa membantu kamu melawan peradangan
 
Alpukat 
Alpukat merupakan buah kaya potasium, magnesium, serat dan lemak tak jenuh yang dapat mengurangi reiko kanker. Alpukat juga mengandung arotenoid, tokoferol serta senyawa anti peradangan sel kulit muda.
 
Ikan berlemak
Ikan salmon, sarden atau teri merupakan ikan yang banyak mengandung lemak sehat seperti omega-3 rantai panjang EPA dan DHA bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang menimbulkan gejala penyakit jantung, diabetes atau penyakit ginjal.
 
Brokoli
Penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi banyak sayur dapat mengurangi resiko kanker. Kandungan sulforaphone, antioksidan dalam brokoli dapat membantu mengurangi kadar sitokin dan NF-kB yang menyebabkan peradangan dalam tubuh.
 
 
Berry
Kandungan vitamin, serat dan mineral dalam beri sangat bermanfaat untuk tubuh. kandungan antioksidan yang disebut anthocyanin memiliki efek anti-inflamasi yang berguna untuk mengurangi resiko penyakit.
 
Teh hijau 
Meminum teh hijau dapat mengurangi resiko penyakit kanker, jantung, obesitas dan alzheimer. Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi serta zat epigallocatecin-3-gallate (EGCG) dapat mengurangi peradangan dan kerusakan asam lemak dalam tubuh kamu
 
Jamur 
Jamur yang bisa dikonsumsi sangat rendah kalori, kaya vitamin B, selenium dan tembaga. Selain itu, kandungan fenol dan antioksidan dalam jamur dapat memberikan perlindungan anti-inflamasi untuk tubuh.
 
 
Tomat
Tomat kaya akan vitamin C, potasium dan likopen serta zat antioksidan yang dapat mengurangi inflamasi penyebab peradangan. 
 
Minyak Zaitun
Kandungan lemak tak jenuh tunggal dan efek oleocanthal serta antioksidan dalam minyak zaitun dapat membantu menurunkan inflamasi penyebab peradangan, kamu bisa meminum atau menggunakannya pada kulit
 
Coklat Hitam
Coklat hitam mengandung zat antioksidan seperti flavanol sebagai anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan serta menurunkan resiko penuaan
 
Paprika 
Paprika dan cabai kaya akan serat dan vitamin C. selain itu, kandungan zat antioksidan dan quercetin antioksidan dapat mengurangi gejala kerusakan oksidatif pada orang yang menderita gangguan inflamasi. 
 
 
 
Ceri
Kandungan antioksidan, anthocyanin dan cetechin dalam ceri dapat membantu mengurangi resiko peradangan yang terjadi dalam tubuh kamu.
 
Anggur
Kandungan anthocyanin dalam anggur bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Selain itu, penelitian menunjukan bahwa orang yang memiliki penyakit jantung mengalami penurunan gen inflamasi termasuk NF-kB setelah mengkonsumsi anggur.
 
Kunyit 
Kunyit mengandung kurkumin dan nutrisi anti inflamasi yang dapat mengurangi resiko peradangan seperti arthritis, diabetes, atau penyakit lainnya.
Itulah makanan anti radang yang bisa dikonsumsi secara sehat dan tidak mempunya efek samping.***
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Cara Mudah Menghilangkan Stress agar Tetap Bahagia

Minggu, 26 September 2021 | 11:55 WIB
X