• Selasa, 28 September 2021

Jokowi Teken Perpres 82/2021, Pemda Jangan Ragu Alokasikan Hibah Pesantren  

- Rabu, 15 September 2021 | 13:03 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengumumkan PPKM Level 4 diperpanjang hingga 9 Agustus 2021, Senin, 2 Agustus 2021. (RHD)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengumumkan PPKM Level 4 diperpanjang hingga 9 Agustus 2021, Senin, 2 Agustus 2021. (RHD)

 

NEWSmedia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) No.82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren, pada 2 September 20212. Perpres ini mengatur mengenai dana abadi pesantren.

Dengan terbitnya perpres ini, Pemerintah Daerah (Pemda) tidak harus ragu lagi mengalokasikan anggaran untuk membantu pendidikan di pesantren.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan Perpres 82 tahun 2021 akan membuat pemerintah daerah bisa mengalokasikan dananya untuk membantu pesantren.

Baca Juga: Baznas Memberikan Beasiswa Untuk 1000 Santri Tahun 2021 , Catat Tanggal Pendaftaran dan Syaratnya

"Dengan terbitnya perpres ini, pemda tidak perlu ragu lagi mengalokasikan anggaran untuk membantu pesantren," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (14/9).

Selain itu, dengan terbitnya Perpres itu, Menag mengharapkan adanya peningkatan kualitas pendidikan pesantren di Indonesia. Regulasi baru tersebut menjadi payung hukum bagi pemerintah daerah untuk mengalokasikan anggaran hibah bagi pesantren.

“Ini menjadi langkah positif sebab selama ini ada keraguan dari sebagian pemerintah daerah dalam mengalokasikan anggaran untuk pesantren,” ujar Yaqut Cholil Qoumas.  

Baca Juga: Persamaan dan Perbedaan iPhone 13 Pro dengan iPhone 12 Pro, Mulai dari Spesifikasi Hingga Harganya

Karena itu, lanjut Yaqut, mulai sekarang tidak ada alasan lagi bagi Pemda untuk tidak mengalokasikan anggaran secara khusus untuk membantu pesantren, baik pada fungsi pendidikan, dakwah, maupun pemberdayaan masyarakat.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X