• Senin, 25 Oktober 2021

13 Penyebab Migrain Dari Stres Hingga Faktor Makanan, Mana yang Pernah Dialami?

- Kamis, 16 September 2021 | 10:45 WIB
Ilustrasi migrain. (Pixabay)
Ilustrasi migrain. (Pixabay)
NEWSmedia - Migrain merupakan kondisi nyeri atau sakit di bagian kepala yang terjadi karena berbagai faktor. Salah satu penyebabnya yaitu tingkat stress bahkan makanan yang dikonsumsi.
 
Bahkan pada kondisi tertentu migrain bisa menyebabkan rasa sakit yang parah dan gangguan lainnya. Mengetahui penyebeb umum terjadinya migrain menjadi salah satu cara untuk menghindari serangan migrain dan cara menanganinya. 
 
Dikutip Newsmedia dari laman Heathline, berikut adalah penyebab-penyebab umum munculnya migrain yang harus kamu hindari.
 
Kurang tidur
Kurang tidur atau gangguan tidur seperti Insomnia menjadi gangguan tidur paling umum penyebab munculnya migrain kronis. Selain itu, tidur berlebihan juga menjadi pemicu yang sering terjadi.
 
Kelaparan atau dehidrasi
Pasalnya saat kamu tidak makan atau telat makan, tubuh akan mengalami penurunan glukosa darah dan saat kamu dehidrasi tubuh akan kekurangan mineral itulah yang menjadi pemicu migrain
 
Stress
Peneliti Denmark menemukan bahwa mayoritas yang mengalami migrain berkaitan dengan adanya stress berlebih. Peningkatan atau penurunan stress bisa menjadi pemicu sakit kepala terjadi.
 
Makanan tertentu
Peneliti menemukan, Pemicu serangan migrain berasal dari konsumsi makanan yang memicunya seperti makanan hasil fermentasi, diawetkan atau diasamkan, yang mengandung sejumlah besar asam amino tyramine.
 
Alkohol
Penelitian di Brazil pada tahun 2008 menemukan bahwa alkohol menjadi pemicu migrain pada sekitar sepertiga orang yang sering dilaporkan. 
 
Aditif makanan
Pemanis buatan seperti aspartam atau penyedap rasa monosium glutamat (MSG) menjadi salah satu penyebab yang harus diperhatikan. Karena kandungan dalam makanan ini sangat kuat untuk indera pengecapmu.
 
Minuman berkafein 
Beberapa ahli menemukan bahwa konsumsi kafein yang berlebihan seperti kopi atau minuman bersoda dapat menjadi penyebab munculnya migrain.
 
 
Penggunaan Obat yang berlebihan
Bagi orang yang mengalami migrain dan mencoba menghilangkannya dengan meminum obat penghilang rasa sakit, seperti Antiinflamasi nonsteroid atau opiod justru dapat memicu migrain lebih sering dan kronis.
 
Bau kuat
Bau kuat berkaitan dengan aroma menyengat dan bisa berasal dari parfum. Asap rokok atau bau makanan. Menurut studi orang dengan migrain dan osmofobia lebih cenderung sering mengalami migrain.
 
Lampu terang atau suara keras
Bagi kamu yang sudah sering mengalami serangan migrain, akan lebih baik untuk menghindari cahaya yang terlalu terang atau suara yang keras. Hal ini agar indra dalam tubuh tidak bereaksi dan memicu migrain.
 
 
Perubahan cuaca
Sebuah penelitian di brazil menemukan bahwa cuaca cerah, panas, dingin dan perubahan cuaca menjadi penyebab terjadiya sakit kepala.
 
Hormon wanita
Migraine Research Foundation menunjukan bahwa fluktuasi hormon seks wanita berpengaruh pada keparahan sakit kepala 
 
Aktifitas fisik
Beberapa studi menemukan bahwa 38 orang mengalami migrain karena olahraga yang intens. Biasanya menimbulkan sakit leher dan kepala berdenyut.
 
Sudah tahu kan kenapa migrain bisa terjadi pada diri seseorang?, nah kalian bisa menghindari migrain dengan tidak melakukan hal yang dapat menyebabkan migrain.***
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X