• Senin, 25 Oktober 2021

Kim Jong Un Muncul Lebih Kurus dan Enerjik, Berat Badannya Diperkirakan Turun Hingga 20 Kg

- Kamis, 16 September 2021 | 22:25 WIB
Kim Jong Un pada saat menghadiri acara parade di Lapangan Kim Il Sung, Kamis 9 September 2021. (Photo: Korean Central News Agency/KCNA)
Kim Jong Un pada saat menghadiri acara parade di Lapangan Kim Il Sung, Kamis 9 September 2021. (Photo: Korean Central News Agency/KCNA)

NEWSmedia – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menjadi sorotan saat menghadiri pawai paramiliter dan pasukan keamanan publik untuk merayakan ulang tahun ke-73 berdirinya Republik Rakyat Demokratik Korea pada Kamis, 9 September 2021. Kim muncul dengan tubuh yang terlihat lebih kurus.

Pada malam itu, Kim Jong Un datang mengenakan setelan berwarna krem ​​dan dasi putih mengkilap. Dia tampak berseri-seri menanggapi tepuk tangan gemuruh dari para peserta pawai dan penonton yang memenuhi alun-alun Kim Il Sung di Pyongyang.

Kim Jong Un menebar senyuman, melambai ke kerumunan dan mencium anak-anak yang memberinya bunga sebelum menuju tempat duduknya di balkon untuk mengamati pawai. Sepanjang acara, dia terlihat ceria sambil memberi tepuk tangan kepada peserta parade.

Baca Juga: Rp531 Miliar Disita dari Seseorang Berinisial DF Pemilik Bisnis Ilegal yang Punya 9 Rekening Pencucian Uang

“Wajahnya jelas lebih kurus dan dia bergerak jauh lebih bersemangat,” kata Park Won-gon, Profesor Studi Korea Utara dari Universitas Ewha Womans Seoul seperti dikutip NEWSmedia dari cbsnews.com.

Dikatakan bahwa penurunan berat badan Kim Jong Un terlihat sejak Juni. Saat itu Kim muncul di publik untuk pertama kalinya setelah beberapa minggu untuk mengadakan pertemuan partai yang berkuasa.

Beberapa pengamat Korea Utara mengungkapkan Kim Jong Un yang sebelumnya memiliki berat 308 pon atau sekitar 139 kilogram, diperkirakan telah turun sebanyak 10 sampai 20 kilogram.

Baca Juga: Beredar Rekaman Video Ketua Dewan Pertimbangan MUI Kota Tangerang Meninggal Saat Rapat Kerja

Dikatakan penurunan berat badan Kim Jong Un kemungkinan merupakan hasil dari upayanya untuk memperbaiki bentuk tubuh (diet), bukan masalah kesehatan.

Yang Moo-jin, seorang profesor di Universitas Studi Korea Utara di Seoul, mengatakan dengan badan lebih kurus dan sikap ceria yang terlihat di parade, kemungkinan Kim Jong Un mencoba untuk memproyeksikan citra sebagai ‘negarawan normal’.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X