• Senin, 25 Oktober 2021

Warga Negara Asing Sudah Diizinkan Lagi Masuk Indonesia, Berlaku Sejak 15 September 2021

- Kamis, 16 September 2021 | 23:59 WIB
Petunjuk lokasi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.
Petunjuk lokasi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

NEWSmedia – Mulai 15 September 2021, pemerintah tidak lagi membatasi Warga Negara Asing (WNA) yang ingin datang ke tanah air. Orang Asing baik itu pemegang visa kunjungan maupun visa tinggal terbatas sudah diizinkan masuk ke Indonesia.

Kebijakan itu berlaku setelah Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly menerbitkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 34 Tahun 2021 tentang Pemberian Visa dan Izin Tinggal Keimigrasian Dalam Masa Penanganan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang ditandatangani, Rabu 15 September 2021.

Dengan diterbitkannya peraturan keimigrasian tersebut, maka pembatasan masuknya WNA atau Orang Asing ke Indonesia yang sebelumnya diatur melalui Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 27 Tahun 2021, dinyatakan tidak berlaku.

Baca Juga: Kim Jong Un Muncul Lebih Kurus dan Enerjik, Berat Badannya Diperkirakan Turun Hingga 20 Kg

Hal itu dikatakan Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara dilansir NEWSmedia dari laman resmi Imigrasi, Kamis 16 September 2021.

“Sebelumnya, pada Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021 dinyatakan bahwa Orang Asing pemegang visa tidak dapat memasuki wilayah Indonesia, terkecuali visa dinas dan visa diplomatik. Sementara itu, Permenkumham Nomor 34 Tahun 2021 membuka kembali akses masuk ke Indonesia bagi Orang Asing pemegang visa kunjungan dan visa tinggal terbatas yang masih berlaku,” ujar Arya Pradhana Anggakara.

Ia mengungkapkan, subjek lainnya yang kini diberikan izin memasuki wilayah Indonesia meliputi Orang Asing pemegang izin tinggal dinas, izin tinggal diplomatik, izin tinggal terbatas, izin tinggal tetap, pemegang Kartu Perjalanan Pebisnis (KPP) APEC, awak alat angkut yang datang bersama dengan alat angkutnya, serta Pelintas Batas Tradisional.

Baca Juga: Rp531 Miliar Disita dari Seseorang Berinisial DF Pemilik Bisnis Ilegal yang Punya 9 Rekening Pencucian Uang

“Subjek-subjek tersebut dapat memasuki wilayah Indonesia melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) tertentu, setelah memenuhi protokol kesehatan Covid 19 sesuai peraturan perundang-undangan,” terangnya.

Kemudian untuk pelayanan visa offshore yang sebelumnya ditangguhkan kini juga sudah dibuka kembali. Permohonan persetujuan visa offshore dapat diajukan berdasarkan jenis kegiatan Orang Asing sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X