• Kamis, 21 Oktober 2021

4 Penyebab Munculnya Gangguan Divertikulitis yang Menyerang Sistem Pencernaan

- Jumat, 17 September 2021 | 10:30 WIB
Ilustrasi asam lambung (Pixabay/ mohamed_hassan)
Ilustrasi asam lambung (Pixabay/ mohamed_hassan)
NEWSmedia - Divertikulitis adalah kondisi dimana terjadi pembentukan divertikula berupa kantong seukuran kelereng yang terbentuk di dinding usus besar. Inilah akar penyebab terjadinya gangguan Divertikulitis dimana divertikula tersebut meradang atau menginfeksi tubuh.
 
Divertikulitis dapat mempengaruhi jalannya sistem pencernaan dan menyebabkan rasa sakit yang parah pada perut bagian kiri.
 
Setiap orang tentu menginginkan pencernaan yang sehat dan lancar. Namun beberapa gangguan pencernaan kadang tidak kita sadari hadir dalam tubuh.
 
 
Dirangkum Newsmedia dari laman The Healthy berikut adalah gejala dan faktor penyebab munculnya gangguan divertikulitis yang mengancam pencernaan.
 
Gejala munculnya Divertikulitis :
 
Nyeri di perut bagian kiri
Menurut seorang ahli gastroenterologi, Brian Putka. Gejala divertikulitis yang paling umum terjadi adalah rasa sakit yang tajam di bagian perut kiri bawah. Hal ini karena letak usus besar yang berada di sebelah kiri bawah dan daerah di bawah pusar
 
Sembelit 
Gejala divertikulitis berikutnya adalah sembelit atau pola buang air besar yang berubah lebih sering. Ini biasanya terjadi lebih parah dari sekedar diare. Hal ini disebabkan karena adanya gangguan pada dinding usus besar yang mengalami infeksi.
 
 
Demam dan menggigil
Gejala berikutnya adalah demam dan menggigil. Pasalnya gejala divertikulitis juga menyerang sistem kekebalan tubuh. hal ini terjadi bila divertikula terinfeksi bakteri sehingga tubuh mengalami demam sebagai reaksi melawan infeksi.
 
Perubahan nafsu makan
Saat kamu mengalami gangguan ini, kamu mungkin akan kehilangan nafsu makan karena rasa sakit yang dirasakan di bagian perut.
 
 
Faktor peyebab munculnya divertikulitis yang harus kamu hindari
 
Diet Rendah serat
Menurut Dr. Greenwald proses diet dengan makanan tinggi lemak dan rendah serat membuat seseorang beresiko terkena gangguan divertikulitis. Lebih disarankan untuk melakukan diet sehat dan minum banyak air.
 
Olah raga yang kurang
Menurut para ahli olahraga teratur sangat penting untuk meningkatakan kesehatan usus dan mengurangi resiko ganguan divertikulitis. Hal ini dilakukan agar tubuh terus bergerak aktif.
 
Kekurangan cairan
Meminum air putih secara teratur tentu memberikan banyak manfaat karena tubuh akan terus terhidrasi sehingga sistem pencernaan lebih lancar dan terhindar dari resiko divertikulitis
 
Konsumsi obat anti-inflamasi
Obat-obatan tertentu mungkin akan menimbulkan efek tidak baik jika dikonsumsi terus menerus. Salah satunya adalah obat anti-inflamasi seperti steroid dan opiad. Kamu mungkin bisa mengganti obat anti-inflamasi dengan konsumsi makanan alami anti inflamsi seperti Berry atau alpukat.
 
Itulah beberapa gejala dan faktor terjadinya divertikulitis yang harus kamu waspadai. Semoga bermanfaat.***
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X