• Senin, 18 Oktober 2021

17 September Memperingati Hari Apa? Berikut Sejarah Terbentuknya Palang Merah Indonesia

- Jumat, 17 September 2021 | 15:34 WIB
Sejarah PMI (pmi.or.id)
Sejarah PMI (pmi.or.id)

NEWSmedia – Tanggal 17 September merupakan hari terbentuknya Palang Merah Indonesia (PMI), sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan.

Dikutip dari berbagai sumber, ide pembentukan PMI terjadi pada tanggal 3 September 1945 dan diresmikan pada tanggal 17 September 1945.

Ide dan gagasan tersebut diinstruksikan oleh Presiden Soekarno kepada dr. Buntaran Martoatmodjo, yang saat itu menjabat sebagai Menteri Kesehatan.

Baca Juga: Sejarah Kenapa 14 Agustus Diperingati Sebagai Hari Pramuka, dari Masa Hindia Belanda Hingga Sekarang

Instruksi tersebut berisi perintah agar Menteri Kesehatan membentuk suatu badan Palang Merah Nasional untuk menunjukkan kepada dunia internasional bahwa keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah nyata dan merdeka, memiliki sistem pemerintahan serta bebas dari penjajah asing.

Sebelum PMI diresmikan, sebenarnya sudah ada organisasi kepalang merahan di Indonesia saat Belanda dan Jepang masih menjajah Indonesia.

Saat Belanda menjajah tepatnya pada 21 Oktober 1973, Pemerintah Kolonial Belanda mendirikan organisasi Palang Merah dengan nama Het Nederland Indische Rode Kruis (NIRK), lalu berganti nama menjadi Nederland Rode Kruis Afdenlinbg Indie (NERKAI).

Baca Juga: Profil Megawati Soekarnoputri Mantan Presiden RI ke-5, Siapa dan Bagaimana Sejarah Hidupnya

Pada tahun 1932, dua tokoh nasional, dr. RCL. Senduk dan Bahder Djohan mengajukan proposal pendirian Palang Merah Indonesia kepada Pemerintah Kolonial Belanda. Namun proposal itu ditolak. Di tahun 1940, proposal kembali diajukan, dan tetap ditolak.

Setelah Belanda hengkang dan Jepang menguasai Indonesia, proposal itu pun kembali diajukan dan hasilnya tetap sama. Pemerintah Jepang tidak mengizinkankan ada Palang Merah Indonesia.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X