• Senin, 18 Oktober 2021

Jangan Buang Kulit Buah dan Sayur Ini, Ternyata Memiliki Manfaat dan Kegunaan Lainnya

- Jumat, 17 September 2021 | 16:37 WIB
Ilustrasi buah buahan (Unsplash)
Ilustrasi buah buahan (Unsplash)

 

NEWSmedia - Buah-buahan dan sayuran merupakan bagian penting dari diet yang sudah banyak diterapkan oleh kebanyakan orang. Akan tetapi banyak orang tidak menyadari fakta bahwa kulitnya juga mengandung konstituen fitokimia yang tinggi seperti serat makanan, flavonoid, vitamin dan mineral.

Menurut sebuah penelitian, kulit beberapa buah dan sayuran seperti lemon, apel, mangga, dan nangka mengandung sekitar 15 persen senyawa fenolik lebih tinggi dibandingkan dengan daging buahnya. Namun, tidak semua kulitnya dapat dimakan atau memiliki manfaat kesehatan, meskipun memiliki persentase senyawa fenolik yang tinggi.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas buah dan sayuran yang kulitnya memiliki manfaat bagi kesehatan, beserta kegunaannya bagi tubuh manusia.

Manfaat Kesehatan Dan Kegunaan Kulit Buah

  1. Jeruk

Kulit jeruk, sebagaimana disebutkan dalam sebuah penelitian, merupakan sumber yang kaya serat (pektin) dan senyawa fenolik seperti flavonoid, flavonol, asam fenolik, dan flavon terglikosilasi. Mereka memiliki berbagai sifat seperti antioksidan, anti-inflamasi, anti-diabetes, antihiperlipidemia, antikarsinogenik, anti aterosklerosis dan banyak lagi.

Kegunaannya

Kulit jeruk dapat ditambahkan ke teh kering dan bubuk untuk digunakan sebagai masker wajah, dioleskan pada kulit untuk mengusir nyamuk dan bisa juga digunakan sebagai lulur.

Baca Juga: 5 Fakta Tempe Versus Tahu, Mana Yang Lebih Baik Untuk Kesehatan

  1. Apel

Menurut sebuah penelitian, kulit apel mengandung senyawa antioksidan seperti katekin, asam klorogenat, procyanidins, epicatechin dan quercetin dalam jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan dagingnya.  Senyawa fenolik dalam kulit apel kira-kira 2-6 kali lebih banyak daripada dagingnya. Apel dapat membantu mencegah berbagai penyakit kronis dan peradangan bila dikonsumsi dengan kulitnya.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X