• Kamis, 21 Oktober 2021

Keutamaan Membaca Surat Yasin, Menurut Ustad Abdul Somad dari Dimudahkan Segala Urusan Hingga Diampuni Dosanya

- Sabtu, 18 September 2021 | 19:58 WIB
al quran (pixabay/freebiespic)
al quran (pixabay/freebiespic)
NEWSmediaSurat Yasin merupakan surat yang termasuk ke dalam golongan surat Makkiyah. surat ini merupakan surat ke-36 dalam Al-Qur’an dan terdiri dari 83 ayat. 
 
Menurut Ustad Abdul Somad, Surat Yasin adalah surat yang mengandung banyak arti atau makna penuh keberkahan.
 
Biasanya surat Yasin dibaca malam jum’at oleh kaum muslim bersama dengan pembacaan tahlil untuk keluarga atau orang-orang yang sudah meninggal.
 
 
Hal dilakukan untuk mendo’akan para almarhum atau almarhumah yang sudah meninggal dunia.  
 
Malam jum’at adalah malam dimana kita akan menghadapi Sayyidul Ayyam atau rajanya hari yaitu hari jum’at.
Oleh karena itu disarankan memperbanyak membaca Al-Qur’an, berdo’a dan membaca shalawat sangat diutamakan. Termasuk dalam hal ini membaca surat Yasin. 
 
 
Dirangkum NEWSmedia dari penjelasan Ustad Abdul Somad (UAS) melalui channel Youtube Taman Surga.NET pada 16 September 2021, beliau mengatakan beberapa keutamaan membaca surat Yasin. 
 
Dalam ceramahnya UAS mengatakan membaca surat Yasin sebenarnya bukan untuk malam jum’at saja tapi lebih utama dilakukan setiap malam.
 
Hal ini menurut tafsir Ibnu Katsir yaitu tafsir Al-Qur’anil Adzim yang ditulis Abdul Fida Isma’il Ibnu Katsir .
 
Muqadimah surah Yasin yaitu,  'Man Qara’a  Yaasin Fi Lailatin, Asbaha Maghfuran lah, barang siapa yang membaca yasin pada suatu malam, pada waktu shubuhnya dosanya sudah diampunkan Allah". ujar UAS. 
 
 
Oleh karena itu, UAS mengatakan bahwa  lebih utama bagi kita membaca Yasin setiap malam agar mendapatkan keberkahan yang berlimpah.
 
Tetapi jika tidak bisa membacanya setiap malam, minimal membacanya setiap malam Jum’at karena Jum’at adalah Sayyidul Ayyam. 
 
Lalu apakah keutamaan membaca surat Yasin ?
 
UAS mengatakan bahwa setiap kali membaca surat Yasin, maka segala pengharapan kita akan dimudahkan sesuai dengan ungkapan Imam Ibnu Katsir dalam Muqadimmah Surat Yasin.
 
Seperti yang disampaikan beliau bahwa 'Latukro’u Fi amri a’sirin, Illa yassarahullah, kalau dibacakan pada perkara yang susah, maka Allah memudahkannya' demikian disampaikan UAS dalam ceramahnya. 
 
Sehingga dapat disimpulkan bahwa surat Yasin mengandung banyak keberkahan saat membacanya.
 
UAS juga mengatakan setiap kali selesai membaca surat Yasin mintalah keberkahan kepada Allah untuk dimudahkan segala sesuatu. 
 
Selain itu, dengan membaca surat Yasin kita dapat merasakan ketenangan batin dan lebih dekat kepada Allah SWT. 
 
Keutamaan membaca surat Yasin selanjutnya adalah diampuni dosa-dosa sebagaimana dijelaskan dalam Hadits “Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhoan Allah maka diampuni dosa-dosanya”  H.R Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu Hurairah R.A
 
Itulah penjelasan dan keutaman membaca surat Yasin. Semoga bermanfaat.***

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X