• Kamis, 21 Oktober 2021

6 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan, Bisa Mencegah Diabetes Hingga Menurunkan Berat Badan

- Minggu, 19 September 2021 | 08:30 WIB
Mentimun (StephanAlbert)
Mentimun (StephanAlbert)
 
 
NEWSmedia - Mentimun adalah salah satu tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Pasalnya kandungan mineral dalam mentimun bermanfaat untuk tubuh kita. Mentimun biasanya dikonsumsi sebagai lalapan atau sayur
 
Tetapi, ternayata sayur berbentuk lonjong panjang ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan terutama untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Meskipun begitu setiap makanan pastilah memiliki efek samping walaupun tidak terlalu merugikan.
 
Dikutip NEWSmedia dari laman Eat This, Not That pada 19 September 2021, berikut adalah beberapa manfaat mentimun dan efek sampingnya bagi kesehatan.
 
Membantu mencegah Diabetes
Dalam usaha menghidari diabetes, hal yang penting diperhatikan adalah menjaga pola makan. Harvard Health mengatakan bahwa penting pula mengkonsumsi makanan rendah glikemik (GI) salah satunya adalah mentimun yang membantu mengurangi resistensi insulin dan membantu mengurangi diabetes tipe 2.
 
Lebih terhidrasi
Selain rutin meminum air putih untuk hidrasi tubuh, kamu mungkin bisa mulai mencoba mengganti cemilanmu dengan mentimun sebagai sumber hidrasi lainnya. 
 
Menurut Survei populasi Prancis dalam Nutriens mentimun mengandung 95 % air yang bisa membantu meningkatkan cairan tubuh.
 
 
Menurunkan berat badan
Menjaga pola makan mungkin menjadi salah satu hal wajib saat diet. Menambahkan mentimun pada sayur atau cemilan kamu akan menjadi pengalaman baru yang membantu kamu menurunkan berat badan dengan makanan yang lebih sehat.
 
Selain itu, mentimun juga sangat mengenyangkan namun tetap rendah kalori.
 
Mencegah sembelit
Kandungan air dalam mentimun, dapat membantu mengurangi resiko kamu terserang sembelit. Sebuah penelitian di Fitoterapia dari Universitas Jadavapur, mengatakan bahwa mentimun dengan jumlah yang cukup dapat membantu mencegah sembelit dan memberikan efek dingin pada tubuh.
 
 
Mengeluarkan lebih banyak gas
Mungkin ini adalah salah satu efek samping ringan yang ditimbulkan oleh mentimun bagi kamu yang tidak nyaman dengan mengeluarkan gas.
 
Menurut UC Davis, mentimun mengandung cucurbitacin yaitu senyawa yang menghasilkan rasa pahit dan menghasilkan lebih banyak gas. 
 
Mencegah kembung
Selain menghidrasi tubuh, mentimun juga membantu menghilangkan retensi air berlebih yang menyebabkan perut kembung. Seorang penulis The Candida Diet mengatakan bahwa mentimun kaya akan nutrisi spesipik yang membantu menghilangkan kembung
 
Kamu tentu bisa mengkonsumsi mentimun dengan takaran yang wajar dan sesuai. Tentu sesuatu yang berlebihan tidak akan baik. 
 
Itulah beberapa manfaat mentimun yang dapat kamu rasakan untuk tubuh. Semoga bermanfaat. ***
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X