• Rabu, 19 Januari 2022

Jenis-jenis Kacang yang mengandung Banyak Omega 6 , Baik untuk Kesehatan Jantung

- Senin, 20 September 2021 | 10:55 WIB
Ilustrasi aneka jenis kacang-kacangan (Pixabay)
Ilustrasi aneka jenis kacang-kacangan (Pixabay)
NEWSmedia - Omega 6 adalah salah satu dari banyaknya jenis lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk tubuh. 
 
Dua dari omega 6 yang paling kuat adalah asam linoleat (LA) dan asam gamma lonileat (GLA). namun faktanya, LA merupakan nutrisi penting bagi tubuh.
 
Dalam sebuah tinjauan jurnal kesehatan, zat Prostaglandin, Leukotriene dan asam lemak esensial dalam tubuh dapat membantu mengurangi peradangan berkat peran asam arakidonat dan linoleat. 
 
 
selain itu kandungan lemak tak jenuh dalam makanan seperti biji-bijian, kacang dan minyak alami sangat membantu mengurangi resiko gangguan jantung dan kolestrol.
 
Dikutip Newsmedia dari laman The Healthy berikut adalah makanan kaya Omega 6 yang wajib kamu tahu. 
 
Kacang Kenari
Kacang kenanri mengandung kurang lebih 11 gram omega 6 per 1ons, saat kamu mulai memakan segenggam kenari, kamu akan merasakan proses dietmu lebih mudah dan lancar.
 
Pasalnya biji kenari dapat memberikan rasa kenyang serta bermanfaat bagi kesehatan Jantung. Selain itu, Kacang kenari juga kaya akan Omega 3 yang bermanfaat untuk mrnurunkan resiko diabetes.
 
 
Kacang Pinus
Kacang pinus mengandung sekitar 10gram omega 6 per 1Ons. Selain itu, kandungan magnesium dan zat besi dalam kacang pinus bermanfaat untuk mengurangi resiko kanker kolektral.
Kacang pinus juga bermanfaat untuk mengelola glukosa darah serta stress oksidatif
 
Minyak Biji Anggur
Minyak biji anggur mengandung sekitar 9,5 gram omega 6 per 1 sendok makan. Minyak ini merupakan hasil dari biji anggur yang diekstrak.
Selain kandungan lemak baik di dalamnya, minyak biji anggur juga merupakan sumber Vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan. 
 
Biji Rami
Sekitar 8 gram omega 6 per 1ons terdapat dalam biji rami. Biji rami merupakan biji yang berasal dari tanaman Cannabis Sativa L.
 
Sebuah tinjauan yang diterbitkan oleh Nutriens mengatakan bahwa biji rami mengandung senyawa antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk melindungi asam lemak dalam tubuh, serta senyawa bioktif yang meningkatkan fungsi neuroprotektif, antihipertensi dan anti inflamasi.
 
 
Minyak Jagung
Minyak jagung mengandung 7 gram omega 6 per 1 sendok makan. Sebuah penelitian yang diterbitkan Junal BMC Medicine menemukan bahwa minyak jagung atau minyak jaitun yag digunakan sebagai pengganti mentega bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kardiometabolik. 
 
Biji bunga matahari
Makanan yang sering dikonsumsi sebagai cemilan ini mengandung kurang lebih 6,5 gram oemga 6 per 1 ons.
 
Sebuah tinjauab penelitian dalam Chemistry Central Journal mengatakan bahwa biji bunga matahari menawarkan banyak nutrisi mulai dari Vitamin, B6, Magnesium, zat besi serta fitonutrien dan asam fenolik, flavonoid serta tokoferol.
 
Itulah beberapa makanan kaya omega 6 yang wajib diketahui, tentu mengkonsumsi dengan takaran yang pas akan lebih baik.***
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X