• Rabu, 19 Januari 2022

Minum Es Saat Haid Darah Bisa Membeku? Ternyata Hanya Mitos, Simak Penjelasannya

- Senin, 20 September 2021 | 20:24 WIB
Penyebab Nyeri Haid Serta Cara Penanggulangannya.  (PEXELS - Sora Shimazaki)
Penyebab Nyeri Haid Serta Cara Penanggulangannya. (PEXELS - Sora Shimazaki)

NEWSmedia - Menstruasi adalah proses meluruhnya dinding rahim yang kaya akan pembuluh darah. Kelancaran proses ini juga dapat dipengaruhi oleh banyak faktor.

Salah satu kabar yang beredar di masyarakat adalah adanya anggapan bahwa minum es dapat menyebabkaan darah menjadi beku selama masa menstruasi. Benarkah dugaan ini?

Ternyata hal tersebut hanyalah mitos belaka. Dilansir dari sehatq.com, saluran pencernaan dan saluran reproduksi sungguh berbeda. Dengan demikian, mustahil minum es dapat mengganggu sistem reproduksi wanita.

Ada juga yang menyebut bahwa darah haid bisa tersumbat apabila seorang wanita hobi minum es. Padahal semua hal yang dikonsumsi oleh tubuh akan diolah di saluran pencernaan tidak berhubungan dengan kandungan maupun reproduksi. Setelah itu zat-zat tersebut akan diserap oleh tubuh.

Baca Juga: Resep Minuman Herbal untuk Daya Tahan Tubuh Ala dr. Zaidul Akbar, Cukup dengan Rempah-rempah yang Ada di Dapur

Padahal faktanya, suhu dingin dari es sebenarnya hanya akan tersisa sampai tenggorokan. Saat air turun ke lambung dan bercampur dengan cairan lainnya, suhu air tersebut akan menyesuaikan.

Oleh karena proses metabolisme yang sangat berbeda, tidak ada hubungan antara apa yang dikonsumsi oleh tubuh dengan kelancaran menstruasi seseorang.

Baca Juga: Jenis-jenis Kacang yang mengandung Banyak Omega 6 , Baik untuk Kesehatan Jantung

Menstruasi yang membuat pinggang dan perut bagian bawah terasa nyeri, mood swing atau bahkan sakit kepala terkadang dipengaruhi oleh pola makan sehari-hari, lho.

Oleh karena itu, yuk simak panduan pola makan sehat berikut ini guna mencegah dan mengatasi gejala-gejala tersebut.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X