• Rabu, 8 Desember 2021

Hari Badak Sedunia 2021, Hima Biologi UIN Banten Gandeng Alabama Indonesia dan TNUK Kenalkan Badak Jawa

- Selasa, 21 September 2021 | 14:05 WIB
Hima Biologi UIN Banten gandeng Alabama Indonesia dan TNUK kenalkan Badak Jawa (Septiani/ NEWSmedia)
Hima Biologi UIN Banten gandeng Alabama Indonesia dan TNUK kenalkan Badak Jawa (Septiani/ NEWSmedia)

NEWSmedia – Himpunan mahasiswa Biologi UIN Banten bersama Alabama dan Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) melakukan webinar pengenalan Badak Jawa.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka menyambut Hari Badak Sedunia 2021 atau World Rhino Day yang diperingati setiap tanggal 22 September.

Kegiatan itu dimantik oleh tiga pemateri yang saling berkesinambungan, yakni Herry Trisna Afandi dan Asep Yayus Firdaus dari Pengendali Ekosistem Hutan TNUK serta Yosep Aulia Rahman, Direktur Alabama Indonesia Lestari.

Baca Juga: Sambut Hari Badak Sedunia 2021, Pokdarwis dan Pemuda Ujung Kulon Bebersih Sampah di Pulau Panaitan

UIN Banten satu – satunya kampus di Banten yang melakukan pengenalan Badak Jawa sebagai bentuk kepedulian atas urgensi kepunahan badak bercula satu di Indonesia dan dunia.

“Saya sangat apresiasi karena ini satu-satu nya kampus yang mengadakan kegiatan pengenalan badak Jawa,” kata Asep PEH TNUK pada Senin, 20 September 2021

Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi.

Baca Juga: Jumlah Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon Bertambah 2 Ekor, Kado HUT RI ke-76

“Teman – teman sudah tahukan mengenai fungsi hutan itu sendiri, mungkin sudah dari SD kita mendengar pentingnya menjaga alam dan hutan yang merupakan unsur penyangga kehidupan,” ucap Herry.

Sedangkan pembahasan mengenai badak, dijelaskan oleh Asep Yayus Firdaus sebagai PEH TNUK dan Yosep Aulia Rahman sebagai Direktur Alabama Indonesia Lestari.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X