• Senin, 18 Oktober 2021

Pemerintah Pastikan Aplikasi Peduli Lindungi Jadi Sarana Skrining PON XX Di Papua

- Rabu, 22 September 2021 | 10:30 WIB
Aplikasi Peduli Lindungi (dok. Satgas Covid-19)
Aplikasi Peduli Lindungi (dok. Satgas Covid-19)
NEWSmedia - Aplikasi PeduliLindungi resmi menjadi alat skrining pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan dilaksanakan di Papua tepatnya pada tanggal 2-5 Oktober 2021 mendatang.
 
Acara olahraga yang diselenggarakan empat tahun sekali ini tentunya akan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Mengingat pelaksanaan PON masih berada dalam situasi Pandemi agar terhindar dari resiko penularan yang lebih luas.
 
Dikutip Newsmedia dari laman PMJ News milik Polda Metro Jaya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan bahwa penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi sebagai upaya mitigasi secara matang dan menyeluruh untuk menekan kemungkinan penyebaran virus lebih besar lagi.
 
 
“Pemerintah melengkapi ikhtiar tersebut dengan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining kesehatan bagi siapa saja yang terlibat dalam perhelatan PON XX Papua, termasuk para penonton yang akan melihat secara langsung di lokasi, “ ujar Johnny,
 
Perhelatan olahraga nasional ini tentu akan dihadiri dan diramaikan banyak pihak yang terlibat. Hal ini tentu mendorong resiko penularan dan kenaikan kasus lebih tinggi.
 
 
Johhny G. Plate juga menyampaikan himbauan bahwa kegiatan apapun yang melibatkan banyak orang tentu sangat beresiko menimbulkan penularan lebih tinggi.
 
“Kegiatan apa pun yang melibatkan banyak orang, tentu memiliki risiko penularan Covid 19 hal ini yang kita waspadai bersama,” sambung Menkominfo.
 
Oleh karena itu pemerintah berinisiatif dan meresmikan aplikasi Peduli Lindungi sebagai sarana skrining yang terpercaya dalam pelaksanaan PON XX Papua ini.
 
Sebelumnya, pemerintah memberikan izin pelaksanaan kegiatan PON XX di Papua bisa dihadiri oleh penonton kurang lebih 25 persen dari total kapasitas biasanya.
 
 
Tetapi dengan syarat yang ditetapkan oleh pemerintah dan pihak penyelenggara salah satu aturan wajib bagi para peserta, penonton dan semua pihak yang terlibat adalah wajib sudah melakukan vaksinasi dan melakukan tahapan skrining diantaranya memindai QR-Code melalui Aplikasi Peduli Lindungi.
 
Aplikasi Peduli lindungi menjadi aplikasi yang mumpuni dan terpercaya dalam upaya penyelarasan, pendataan sampai penyelenggaraan aktivitas-aktivitas umum masyarakat di masa pandemi COVID-19, hingga aktivitas Nasional seperti PON XX ini.
 
 
Hal ini tentu memberikan nilai plus bagi para pengguna Aplikasi Peduli Lindungi untuk memanfaatkan aplikasi tersebut sesuai fungsi dan kegunaannya.***

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RSUD Banten Luncurkan Kateterisasi Jantung

Rabu, 13 Oktober 2021 | 13:56 WIB
X