• Rabu, 20 Oktober 2021

Sering Merasa Sakit Punggung? Berikut 5 Penyebab Nyeri Punggung Bawah di Sisi Kiri atau Kanan Anda

- Rabu, 22 September 2021 | 11:30 WIB
Sakit Punggung (Foto : halodoc)
Sakit Punggung (Foto : halodoc)

NEWSmedia - Nyeri punggung bawah adalah salah satu masalah muskuloskeletal yang paling umum, kondisi yang memengaruhi otot, tulang, tendon, ligamen, dan saraf.

Saat mempertimbangkan nyeri punggung bawah anda, pikirkan apakah anda merasakannya di punggung bawah seperti pita, atau apakah anda merasakan sakit lebih intens di satu sisi dibandingkan sisi lainnya.

Dr. Gharibo mengatakan bahwa jika itu seperti pita, kemungkinan besar terkait dengan cakram di sumsum tulang belakang Anda.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Keuangan Rabu 22 September 2021: 3 Zodiak Ini Diprediksi Bakal Banyak Rejeki

Dikutip NEWSmedia dari laman The Halthy, berikut 5 penyebab nyeri punggung bawah di sisi kiri atau kanan:

 1. Keseleo atau ketegangan otot
Ketegangan otot ini merupakan penyebab rasa sakit yang paling umum, terutama di sisi kanan atau kiri punggung bawah anda, menueut Dr. Gharibo ini sering muncul karena postur tubuh yang buruk, mekanika tubuh, dan deconditioning (kehilangan kebugaran yang terjadi ketika anda berhenti berolahraga itu dapat membuat otot-otot punggung bawah lebih rentan terhadap akut.

Baca Juga: Resep Minuman Herbal untuk Daya Tahan Tubuh Ala dr. Zaidul Akbar, Cukup dengan Rempah-rempah yang Ada di Dapur

2.  Postur tubuh yang buruk
Penuaan dan postur tubuh yang buruk adalah dua alasan utama orang mengalami nyeri punggung bawah kronis. Menurut Dr. Gharibo bahwa adanya virus Covid-19 ini orang-orang banyak yang melakukan kegiatan di dalam rumah saja sehingga menimbulkan penambahan berat badan karena kurangnya olahraga dan kegiatan di luar.

3. Otot inti lemah
Berbicara tentang inti otot, jika tidak melakukan tugasnya untuk melindungi tulang belakang, maka anda akan merasakan sakit punggung bagian bawah di karenakan keadaan otot inti anda lemah.

Baca Juga: Protein Bisa Jadi Salah Satu Penyebab Sakit Ginjal

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X