• Kamis, 2 Desember 2021

22 September Peringatan Hari Apa? Berikut Sejarah Hari Car Free Day Sedunia

- Rabu, 22 September 2021 | 11:01 WIB
Car free day (Facebook/ Car free day Indonesia)
Car free day (Facebook/ Car free day Indonesia)

NEWSmedia – Tanggal 22 September merupakan hari peringatan car free day atau hari bebas kendaraan bermotor sedunia.

Car free day (CFD) merupakan istilah yang digunakan dalam bentuk kampanye masyarakat dunia untuk mengurangi polusi udara di kota-kota besar di seluruh dunia yang sibuk dengan kegiatan industri.

Pada peringatan hari car free day ini, dimaksudkan kepada masyarakat untuk berani menghindari penggunaan kendaraan bermotor dalam kegiatan sehari-hari yang menimbulkan pencemaran udara.

Baca Juga: 17 September Memperingati Hari Apa? Berikut Sejarah Terbentuknya Palang Merah Indonesia

Usaha ini juga dimaksudkan agar masyarakat berkegiatan dengan berjalan kaki atau bersepeda yang ramah lingkungan. Selain itu, berjalan kaki dan bersepeda merupakan kegiatan olahraga ringan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kampanye car free day muncul pertama kali di Eropa, saat itu keberadaan mobil memunculkan pro-kontra bagi masyarakat, karena polusi udara yang dihasilkan. Atas dasar ini, banyak orang-orang terutama di negara-negara Eropa mulai memprotes penggunaan mobil.

Menghadapi hal ini, Belanda mendukung kampanye car free day dan untuk pertama kalinya dalam sejarah car free day diterapkan secara besar-besaran pada 25 November 1956.

Car free day dilakukan setiap hari minggu

Langkah negara berjuluk negara kincir angin pun diikuti oleh negara-negara lain seperti Belgia, Prancis, Italia, Inggris dan Spanyol. Berbagai upaya dilakukan oleh negara-negara tersebut agar car free day dapat diterapkan diseluruh dunia.

Baca Juga: Pendaftaran FFIM 2021 Fall Dibuka, Berikut Sejarah dan Juara FFIM dari Masa ke Masa

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Sumber: carfreedayindonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X