• Sabtu, 23 Oktober 2021

Bolehkah Bayi Dikasih Bedak Tabur dan Minyak Telon? Berikut Penjelasan Dokter Spesialis Anak

- Rabu, 22 September 2021 | 13:19 WIB
Bolehkah bayi dikasih bedak tabur? (Pixabay/ marvelmozhko)
Bolehkah bayi dikasih bedak tabur? (Pixabay/ marvelmozhko)

NEWSmedia – Kebiasaan menggunakan bedak dan minyak telon pada bayi masih menjadi kebiasaan para orang tua sampai sekarang. Tapi ternyata hal ini tidak disarankan oleh dokter.

Bedak bayi disebut berbahaya karena partikel-partikel kecil yang terkandung dalam bedak bayi bisa terhirup oleh bayi dan dapat mengakibatkan gangguan pernapasan hingga kematian.

"Pemberian bedak tabur berisiko menyebabkan terhirupnya partikel-partikel kecil bedak ke dalam saluran napas dan menyebabkan gangguan pernapasan, hingga kematian," kata dokter spesialis anak, dr. Arifianto alias dokter Apin dalam unggahan Instagram @catatandokterapin.

Baca Juga: Kenapa Kita Tidak Bisa Mengingat Masa Bayi, Ahli Psikoterapi Sigmund Freud Sampaikan Penjelasannya

Jika ada pernyataan bahwa bedak tabur dapat mengatasi gatal akibat biang keringat, dokter Apin pun menjelaskan bahwa jika ingin menghindari bayi dari biang keringat, maka pakaikan bayi harus yang tipis dan pendek.

"Orang tua juga harus sering-sering mengganti pakaian bayi," ucapnya.

Tidak hanya itu, bedak bayi pun berbahaya jika digunakan di area kemaluan atau selangkangan bayi.

Baca Juga: Dear Bunda, Kenali 5 Tanda Alergi Makanan Pada Anak Berikut Ini, Salah Satunya Mual dan Muntah

Hal itu karena, partikel kecil dalam bedak bayi bisa masuk ke dalam kemaluan si kecil, dan jika sudah masuk, maka akan kotor, tersumbat, dan akhirnya menjadi infeksi saluran kencing (ISK).

Selain itu, ia juga menyoroti penggunaan minyak telon pada bayi yang sudah menjadi kebiasaan para orang tua sejak dulu sampai sekarang.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X