• Senin, 18 Oktober 2021

7 Resiko Diet Keto dan Tanda Harus Menghentikannya, Salah Satunya Mual dan Muntah

- Kamis, 23 September 2021 | 12:15 WIB
Ilustrasi Diet Keto. (Pixabay)
Ilustrasi Diet Keto. (Pixabay)
NEWSmedia - Beberapa upaya menurunkan berat badan salah satunya adalah dengan diet. Diet bisa dilakaukan dengan berbagai cara seperti diet keto
 
Diet keto atau diet kategonik adalah metode diet dimana seseorang menerapkan pola makan rendah karbohidrat namun tinggi lemak.
 
Anne Danahy, MS RDN, seorang ahli diet Internasional mengatakan,  mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan rendah karbohidrat pada diet keto dilakukan dengan tujuan agar tubuh mencapai kondisi ketosis, dimana sumber energi akan berasal dari lemak dan bukan protein atau karbohidrat lagi.
 
 
Namun, setiap upaya menurunkan berat badan dengan melakukan aktivitas-aktivitas diet, tidak terlepas dari resiko yang ditimbulkannya. 
 
Dikutop News Media dari laman Eat This, Not This: berikut adalah resiko diet keto sekaligus tanda kamu harus berhenti melakukannya. 
 
Mengalami Mual atau Muntah
Diet keto yang dilakukan tanpa pengawasan dan berlebihan bisa menimbulkan efek mual sampai muntah. Hal ini karena protein yang rendah dalam tubuh.
 
Sangat disarankan untuk kamu yang memiliki gejala ini agar minum banyak air agar elektrolitmu bisa meningkat.
 
 
Tidak ada energi
Karbohidrat adalah sumber energi dalam tubuh, menghilangkan asupan karbohidrat tentu dapat menyebabkan kelelahan yang serius, mungkin beberapa orang dengan daya tahan tubuh yang kuat dapat meminimalisir hal ini tapi, sebagain orang justru kewalahan karena hal ini
 
Mengalami sakit kepala
Saat dalam kondisi ketosis cairan tubuh keluar lebih cepat dari biasanya karena kadar insulin dalam tubuh akibat rendahnya karbohidrat dapat mempengaruhi elektrolit.
 
Akibatnya kamu mungkin mengalami dehidrasi yang berakhir pada sakit kepala yang mencengkram.
 
 
Mengalami diare
Lemak yang menjadi sumber energi saat diet keto juga berdampak buruk pada sistem pencernaan. Hal ini karena tubuh tidak terbiasa dengan metabolisme lemak yang lebih tinggi sehingga membuat kamu beresiko mengalami diare.
 
Kehilangan serat
Keberhasilan diet keto, didukung oleh pengurangan konsumsi karbohidrat dalam tubuh. hal ini tentu mengurangi asupan seratmu yang artinya semakin rendah jumlah serat dalam tubuh semakin lambat juga pencernaanmu.
 
Tidak menghilangkan berat badan secara optimal
Jika kamu tidak melakukan diet keto dengan cermat dan teratur, munkin akan menyebabkan tubuh tidak berada dalam kondisi ketosis dan ini tidak akan membantumu menurunkan berat badan.
 
 
Sosialisasi yang terbatas
Saat melakukan diet, makan keluar bersama teman atau kelurga mungkin menjadi suatu beban bagi kamu.
 
Pasalnya kamu harus tetap menjaga pola makan dan juga menjaga hati orang-orang terdekatmu.
 
Hal ini akhirnya membuat kamu tidak ingin bergabung dan mengisolasi diri sendiri dengan kondisi yang tidak bersemangat
 
Itulah beberapa resiko diet keto yang bisa kamu alami. Melakukan siet sederhana dan dengan pengawasan ahli tentu lebih baik bagimu.***
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X