• Kamis, 21 Oktober 2021

Menginjak Kecoa Berbahaya? Hoax atau Fakta, Simak Penjelasannya

- Jumat, 24 September 2021 | 10:00 WIB
Serangga (Kecoak).*
Serangga (Kecoak).*

NEWSmedia - Kecoa adalah salah satu jenis serangga yang memiliki 6 kaki, 2 antena panjang, dan 2 pasang sayap. Tergantung pada jenisnya, kecoa dewasa biasanya memiliki panjang hingga 3 sentimeter.

Dilansir dari laman The Healty, kecoa betina dapat mengeluarkan 10-40 telur pada satu waktu. Rata-rata, sang betina melepaskan 30 telur selama hidupnya.

Kecoa muda yang menetas akan terlihat sama dengan kecoa dewasa, tetapi ukurannya lebih kecil dan tidak memiliki sayap.

Sesuai jenis dan kondisinya, kecoa dapat hidup hingga 12 bulan. Hewan serangga ini tergolong berdarah dingin dan berkembang dalam kondisi hangat dan lembap.

Baca Juga: 7 Resiko Diet Keto dan Tanda Harus Menghentikannya, Salah Satunya Mual dan Muntah

Kecoa kerap kali ditemukan di dalam rumah, biasanya berada dalam retakan dinding, ruang sempit dan terbatas, seperti dapur, di balik kulkas, atau di bawah tumpukan majalah, koran, dan kardus, perabotan rumah yang umumnya jarang disentuh, lemari dapur, toilet, bawah wastafel, area pemanas air, dan saluran air atau selokan.

Tidak hanya mengganggu dan menjijikkan, selain berasal dari tempat kotor, kecoak juga memiliki banyak sumber penyakit dalam perutnya yang dapat mengancam kesehatan penghuni rumah.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kulit, Salah Satunya Tidak Mengganti Sarung Bantal Secara Teratur

Ya, kecoa memang tidak dapat menyebabkan penyakit secara langsung, tetapi mereka adalah pembawa jutaan bakteri dan agen infeksi yang bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Terlebih serangga ini makan berbagai makanan, termasuk sampah busuk, yang diyakini dapat menyebarkan bakteri penyebab penyakit pada manusia, seperti salmonella, staphylococcus, dan streptococcus.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X