• Kamis, 21 Oktober 2021

5 Gejala Kanker Usus Besar yang Harus Diwaspadai, Terutama untuk Kaum Wanita

- Jumat, 24 September 2021 | 10:30 WIB
Kebanyakan Para Penderita Penyakit Kanker Serviks Tak Mengetahui Dirinya Terjangkit. (PEXELS - Anna Shvets)
Kebanyakan Para Penderita Penyakit Kanker Serviks Tak Mengetahui Dirinya Terjangkit. (PEXELS - Anna Shvets)

NEWSmedia - Kanker kolorektal atau kanker usus besar merupakan kanker paling umum ketiga di antara pria dan wanita, risikonya hampir sama untuk setiap jenis kelamin.

Resiko keseluruhan pria terkena kanker kolorektal adalah 4,3 persen, dibandingkan dengan 4 persen untuk wanita, menurut American Cancer Society (ACS).

Kanker usus besar ini muncul pada wanita dengan cara yang hampir sama seperti pada pria, tetapi ada beberapa perbedaan gejala misalnya, beberapa gejala mungkin dengan gejala ginekologi, seperti kembung atau kram.

Baca Juga: 6 Manfaat Selada Air untuk Kesehatan, Mulai dari Menurunkan Risiko Kanker Hingga Menjaga Kesehatan Mata

Kanker juga merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia, yang dimana penyakit ini sulit untuk di sembuhkan ketika sudah masuk tahap stadium akhir bahkan sudah banyak orang yang meninggal karena penyakit ini.

Tapi ketika baru masuk stadium awal mungkin masih bisa untuk di sembuhkan yaitu dengan cara kemoterapi.

Dikutip NEWSmedia dari laman The Healthy, berikut beberapa gejala atau tanda kanker usus besar yang harus di ketahui oleh para wanita :

1.  Anemia
Anemia adalah ketika anda memiliki jumlah sel darah merah yang rendah pada kanker usus besar, bisa berarti ada pendarahan internal. Ini sering menjadi salah satu tanda awal kanker kolorektal.

Para ahli mengungkapkan bahwa beberapa pasien wanita tidak perlu khawatir dengan periode menstruasi ini karena hal itu dapat menyebabkan keterlambatan dalam diagnosis.

Jika Anda seorang wanita dengan anemia dan pengobatan dengan suplemen zat besi tidak mengatasi masalah ini, tanyakan kepada dokter Anda tentang skrining kanker kolorektal.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X