• Kamis, 21 Oktober 2021

Pernah Digigit Serangga? Hati-hati Terhadap Gigitan 7 Serangga Ini, Karena Beracun

- Jumat, 24 September 2021 | 11:30 WIB
sarang tawon Vespa (Pixabay)
sarang tawon Vespa (Pixabay)
NEWSmedia - Sebagian besar dari kita mungkin tidak terlalu peduli dengan gigitan serangga. Namun, menurut para ahli gigitan serangga bisa membahayakan tubuh bahkan mengancam nyawa. 
 
Gigitan serangga mungkin hanya terasa menggangu dan tidak terlalu sakit. Tapi, ada serangga berbahaya yang bisa saja ada disekitar kamu, berhati-hatilah karena gigitan serangga bisa saja mengandung bisa bahkan racun.
 
Para ahli juga mengatakan bahwa gigitan serangga tertentu dapat menimbulkan penyakit serius jika tidak segera disadari dan ditangani secepat mungkin.
 
 
Dikutip News Media dari laman The Healthy berikut adalah 7 serangga berbahaya yang dapat mengancam tubuhmu berikut efek gigitannya.
 
1. Kutu Busuk
Saat kamu digigit kutu busuk,  hewan tersebut menyuntikan cairan obat bius dan antikoagulan yang membuat seseorang tidak sadar bahwa mereka telah di gigit. Efek gigitan muncul beberapa hari setelahnya.
 
Menurut Direktur Medis Regional MedExpress, Dheeraj Taranath., DO, gigitan kutu busuk biasanya menimbulkan bengkak merah yang terasa gatal di area tertentu seperti punggung, perut atau kaki yang dapat menimbulkan infeksi bila digaruk terus-menerus.
 
2. Chiggers
Chiggers merupakan serangga sejenis tungau yang berasal dari larva dan memakan vertebrata termasuk manusia. Efek gigitannya bisa berbahaya bagi tubuh terutama kulit.
 
Saat menggigit ia akan menyuntikan enzim pencernaan ke dalam kulit inang dan menghancurkan jaringan. Muncul bilur merah dan menimbulkan efek gatal yang parah  tak henti-henti.
 
 
3. Kudis
kudis merupakan tungau gatal mikroskopis dapat menyebabkan efek buruk yang bisa muncul dan berkembang setelah gigitannya. 
 
Saat kamu digigit ia akan menggali lapisan kulit untuk bertelur dan berkembang biak. Efek gigitan kudis yang paling umum adalah ruam mirip jerawat, sisik atau lecet serta luka yang dipicu oleh garukan.
 
4. Tawon
Kamu mungkin tidak asing dengan hewan satu ini. Gigitan tawon dapat menyebabkan gejala kemerahan, begkak, gatal-gatal dan sensai sengatan yang luar biasa menyakitkan.
Menurut Dr.Taranath beberapa orang mungkin mengalami pembengkakan ekstrem selama dua atau tiga hari. Namun, gigitan tawon bisa diobati di rumah saja.
 
5. Laba-laba
Menurut Jesse Rehm, CEO Triangle Pest Control mengatakan bahwa jenis laba-laba dapat menentukan seberapa berbahaya gigitannya. Jika kamu mengalami gigitan Pertapa coklat, Janda hitam, tarantula atau laba-laba pelompat.
 
Mereka memiliki resiko gigitan tinggi seperti bengkak, kram, berkeringat, menggigil dan area melepuh jika digaruk. Maka kamu harus mewaspadai gejala dan efek gigitannya. 
 
6. Kutu
Kutu merupakan parasit penghisap darah. Ia akan menggit dan menempelkan diri pada kulit untuk menghisap darah. Dalam waktu satu hari atau dua hari ia dapat menularkan bakteri ke dalam aliran darah setelah terjadi gigitan.
 
Selain itu, gigitan kutu dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti demam berbintik Rocky mountain, Powassan dan Lyme. 
 
 
7. Nyamuk
Bukan hanya menggangu dan menimbulkan efek gatal saat digigit, nyamuk juga dapat menimbulkan resiko berbahaya bagi tubuh. ia dapat membawa penyakit berbahaya seperti Zika, Malaria atau demam kuning.
 
Itulah beberapa serangga berbahaya dan efek gigitannya bagi tubuh. Teteplah berhati-hati.***

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X