• Senin, 18 Oktober 2021

Azis Syamsuddin Mundur dari Wakil Ketua DPR, Siapa Kader Golkar yang Dipercaya Airlangga Jadi Pengganti?

- Sabtu, 25 September 2021 | 18:28 WIB
Azis Syamsuddin.
Azis Syamsuddin.

NEWSmediaWakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPR RI. Azis adalah anggota Fraksi Golkar DPR RI periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan Lampung II.

Ketua DPP Partai Golkar Adies Kadir mengatakan, Azis Syamsuddin telah menyampaikan surat pengunduruan diri kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Azis mundur setelah dirinya ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK berkaitan dengan kasus dugaan korupsi di Kabupaten Lampung Tengah.

Baca Juga: Umar Patek, Napi Teroris yang Pernah Diburu 3 Negara Ternyata Orangnya Gombal dan Romantis

Partai Golkar dengan ini memberitahukan bahwa saudara Azis Syamsuddin telah menyampaikan surat pengunduran dirinya sebagai Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024 kepada DPP Partai Golkar Ketua Umum DPP Partai Golkar," kata Adies Kadir dalam konferensi pers di DPR, Sabtu, 25 September 2021.

Adies menjelaskan, dengan pengunduran diri Azis, posisi Wakil Ketua DPR RI menjadi kosong. Oleh karena itu, selain memproses untuk menetapkan pengganti Azis Syamsuddin, Partai Golkar juga segera menetapkan pengganti Azis untuk mengisi kursi pimpinan DPR.

Baca Juga: Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin Ditangkap KPK, Ditahan di Rutan Polres Jakarta Selatan

Namun dia enggan berspekulasi siapa anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI yang berpeluang mengisi posisi yang ditinggalkan Ajis.

Adies Kadir mengatakan 85 anggota DPR dari Partai Golkar memiliki kans yang sama untuk mengisi posisi Wakil Ketua DPR menggantikan Azis Syamsuddin.

“Kami mempunyai 85 orang anggota DPR, semua mempunyai kans untuk menduduki jabatan tersebut dan hal ini adalah merupakan hak prerogratif ketua umum,” ujarnya.***

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X