• Sabtu, 23 Oktober 2021

10 Tanda Anda Terserang Obesitas, Salah Satu Cirinya Jika Tidur Mendengkur alias Ngorok

- Minggu, 26 September 2021 | 13:30 WIB
Ilustrasi -- Obestitas. (iStock)
Ilustrasi -- Obestitas. (iStock)
NEWSmedia - Obesitas atau penambahan berat badan secara berlebih mungkin akan menjadi hambatan bagi kamu. Untuk itu penting bagi kita untuk mengetahui apa saja gejala jika terkena obesitas
 
Menurut Albert Do, MD, MPH seorang direktur klinis program penyakit hati berlemak di Yale Medicine mengatakan, ada kurang lebih 200 komplikasi yang disebabkan oleh obesitas atau kelebihan berat badan. Namun tidak semua orang mengetahui gejala obesitas yang berbahaya ini.
 
Sebelum kita membahas semuanya, kita harus tahu dahulu apa itu Obesitas. Obesitas adalah kondisi dimana tubuh mengalami kelebihan berat yang membuat tubuh menjadi besar tak terkendali melebihi ukuran normal.
 
 
Lebih parahnya kondisi ini bisa menyerang fungsi fisik dan menimbulkn banyak resiko penyakit. Oleh karena itu, penting untuk tetap menjaga kebugaran dan kondisi tubuh secara normal dan baik. 
 
Dirangkum News Media dari Laman Eat This, Not This berikut adalah beberapa tanda seseorang mengalami Obesitas atau berat badan berlebih
 
Tekanan Darah Meningkat
Menurut Elizabeth Klodas, seorang Ahli Jantung mengatakan bahwa ketika berat badan kamu berlebih, maka jantung harus memompa lebih keras untuk mendapatkan darah kemanapun ia pergi.hal ini menyebabkan tekanan darah dalam tubuh naik.
 
 
Kadar Gula meningkat
Menurut para ahli Saat berat badan berlebih, tubuh membutuhkan lebih banyak insulin untuk menyimpan asupan gula. Hal ini menyebabkan tubuh kehabisan kapasitas kompensasi dan membuat kadar gula semakin meningkat. Hal inilah kenapa Obesitas beresiko pada Diabetes.
 
Kadar kolesterol Memburuk
Saat kamu mengalami obesitas, kadar kolestrol menjadi ukuran tepat untuk mengukurnya. Jika kamu mengalami penurunan kolestrol HDL (baik) dan trigliserida meningkat serta kolestrol jahat juga meningkat, itu mungkin menjadi tanda kamu mengalami obesitas.
 
Mendengkur Saat Tidur
Ini mungkin terdengar biasa, namun jika kamu mndapat keluhan karena suara mendengkurmu begitu keras, itu mungkin berhubungan dengan berat badan kamu. Pasalnya, mendengkur adalah tanda kelelahan dan menunjukkan sleep anea yang berhubungan dengan berat badan
 
 
Sesak Nafas
Saat kamu mengalami obesitas, aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari mungkin membuatmu terengah-engah atau sesak nafas. Hal ini karena banyak bergerak dengan berat badan berlebih dapat membuat kamu lebih mudah lelah.
 
Merasa Sangat Pegal atau sakit sendi
Saat kamu sering merasa pegal padahal hanya melakukan aktivitas kecil atau nyeri sendi kamu mungkin mengalami peradangan akibat peningkatan berat badan. Selain itu juga karena lutut atau sendi menopang beban lebih berat
 
Lebih Sering terluka
Karena peradangan pada sendi yang disebabkan kenaikan berat badan dapat membuat kamu sangat mudah terluka atau cedera persendian.
 
Stretch Mark yang berlebih
Selain setelah melahirkan, Stretch Mark juga bisa disebabkan oleh kulit tubuh yang mengembang. Hal ini karena dorongan berat badan yang meningkat.
 
 
Kulit menjadi Kasar dan kering
Obesitas dapat menyebabkan kulit kamu kering dan kasar karena pelebaran tubuh atau penambahan berat badan yang membuat tekstur kulit lebih kasar
 
Kelelahan berlebih
Saat berat badanmu naik, kamu mungkin merasa kelelahan berlebih karena membawa beban tubuh lebih berat dari biasanya.
 
Cara terbaik untuk mengetahui keadaan kamu adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik ke fasilitas kesehatan atau temui dokter.***
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X