• Senin, 18 Oktober 2021

6 Tips Menentukan Judul Skripsi, Penting Bagi Mahasiswa Tahap Akhir

- Minggu, 26 September 2021 | 19:30 WIB
Ilustrasi skripsi. ((Pixabay))
Ilustrasi skripsi. ((Pixabay))

NEWSmedia - Bagi mahasiswa tingkat akhir, masalah yang sering menghantui mereka adalah ketika ditanya apakah sudah mengajukan judul skripsi.

Pertanyaan tersebut terkadang membuat menjadi beban pikiran. Mahasiswa masih kerap kebingungan dalam menentukan judul skripsi dikarenakan ide yang tak kunjung muncul.

Skripsi adalah tugas akhir berupa karya ilmiah sebagai syarat perolehan gelar sarjana. Sebenarnya karangan ilmiah sudah tidak asing bagi kalangan mahasiswa, karena hampir setiap semester selalu diberikan tugas karya ilmiah.

Baca Juga: 5 Referensi Beasiswa Skripsi dan Tesis, Para Calon Sarjana Wajib Tahu

Menentukan judul  skripsi memang sesuatu yang hal yang paling membingungan. Bahkan, terkadang dosen pembimbing meminta mahasiswa mengganti judul skripsi karena dianggap tidak cocok.

Pernah diberi tugas bikin makalah yang isinya latar belakang, rumusan masalah tinjauan pustaka dll di kampus ? Kurang lebih seperti itulah isinya skripsi.

Dengan menyusun skripsi, mahasiswa diharapkan dapat berpikir secara logis dalam menguraikan serta menyelesaikan suatu permasalahan, dan bisa menuliskan hasill pikirannya ke dalam bentuk laporan yang tersusun secara sistematis. 

Mengutip Instagram @ruangevent begini cara ampuh menentukan judul skripsi :

1.Kenali topik yang kamu kuasai dan menarik minatmu

Topik penelitian adalah kunci yang harus didapatkan sebelum judul skripsi. Dengan menentukan topik yang  disukai dan dikuasai, kamu dapat mengerjakan keseluruhan skripsimu dengan lancar.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X