• Senin, 18 Oktober 2021

5 Manfaat Royal Jelly bagi Kesehatan, Apa Bedanya dengan Madu? Baca dengan Lengkap

- Senin, 27 September 2021 | 11:55 WIB
Royal Jelly salah satu hasil dari Lebah (Freepik)
Royal Jelly salah satu hasil dari Lebah (Freepik)

NEWSmedia - Mungkin kamu pernah mendengar tentang Royal Jelly, cairan ini memang hampir sama seperti madu, bedanya Royal Jelly bercita rasa pahit dan asam, berikut penjelasaanya.

Royal Jelly adalah zat lain yang di buat lebah selain madu yang manis. Secara alami royal jelly memang terasa pahit dan asam. Hal inilah yang membedakannya dengan madu.

Seorang ahli gizi Malina Malkini mengatakan bahwa lebih detailnya, royal jelly adalah cairam yang dihasilkan oleh lebah pekerja dari kelenjar mereka sebagai makanan bagi ratu lebah dan juga anaknya. Sedangkan madu adalah cairan yang dibuat dengan nektar dari bunga melalui lebah.

Baca Juga: Jadwal Vaksinasi Tangerang, Tangsel, Cilegon dan Serang, Kuota Hingga 5000 Dosis Lebih, Catat Lokasinya

Secara gizi, royal jelly mengandung banyak protein serta lebih rendah gula dibandingkan madu yang manis. Namun, manfaat lain yang bisa diberikan oleh royal jelly tentu bukan itu saja. Dikutip Newsmedia dari laman The Healthy berikut adalah manfaat royal jelly bagi kesehatan tubuh.

Mengandung protein dan asam lemak yang unik

Sebuah penelitian yang dilakukan dalam farmakologi menemukan bahwa royal jelly mengandung banyak protein dan lemak yang tinggi serta Vitamin B, tiamin, riboflavin, niasin, asam folat dan nutrisi lainnya. Selain itu, royal jelly juga mengandung sekitar 70 % air sedangkan madu hanya 17 % saja.

Membantu mengurangi gejala Menopause

Royal jelly dapat meningkatkan perasaan sejahtera bagi para wanita yang akan menjelang menopause. Menurut penelitian dalam Evidence-Based Complementary and Alternatuve Medicine mengatakan bahwa mengkonsumsi 800 gram royal jelly dapat membantu meredakan nyeri punggung dan kecemasan saat menopause.

Baca Juga: Jenis-jenis Kacang yang mengandung Banyak Omega 6 , Baik untuk Kesehatan Jantung

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X